Ini 4 Sumber Probiotik Alami Penganti Yoghurt, Kalian Doyan Nggak?

Ini 4 Sumber Probiotik Alami Penganti Yoghurt, Kalian Doyan Nggak?

Ema Aprilisa
Thursday, 26 July 2018, 20:00:50 2179 0
Kimchi bisa jadi pengganti yoghurt, lho! (dok. popsugar)
Kimchi bisa jadi pengganti yoghurt, lho! (dok. popsugar)

Selain yogurt, ada beberapa bahan makanan yang merupakan  probiotik alami yang baik untuk tubuh. Apa saja? 

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik terbukti ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain melancarkan pencernaan, probiotik juga bisa menambah energi, menjaga keskehatan kulit, serta memperkuat daya tahan tubuh. Salah satu sumber probiotik yang paling terkenal adalah yoghurt. Walau paling populer, ternyata yoghurt bukan satu-satunya sumber probiotik. Apalagi kalau kita termasuk orang-orang yang mengalami intoleransi laktosa atau alergi protein susu. Sumber probiotik lainnya ini bisa jd alternatif, Teens.

Cuka Apel

Cuka apel kaya akan probiotik (dok. livestrong)
Cuka apel kaya akan probiotik (dok. livestrong)

Hasil fermentasi dari buah apel ini kaya akan probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Jangan meminum cuka apel secara langsung karena sangat asam. Konsumsilah cuka apel dengan mencampurkannya pada minuman atau makanan lain. Misalnya dengan mengolah cuka apel sebagai bahan dressing salad yang dicampur minyak zaitun.

Tempe

Lauk berbahan kedelai khas Indonesia ini ternyata juga mengandung probiotik, Teens. Selain itu, tempe juga kaya akan protein. Setiap potong tempe bisa mengandung hingga 20 gram protein!

Kimchi

Kimchi bisa jadi pengganti yoghurt, lho! (dok. popsugar)
Kimchi bisa jadi pengganti yoghurt, lho! (dok. popsugar)

Makanan khas Korea Selatan ini terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri lactic acid. Oleh sebab itu, kimchi juga kaya akan probiotik. Rasanya yang asam dan pedas, cocok dikonsumsi sebagai pendamping nasi dan lauk.

Acar

Acar yang biasanya jadi pendamping nasi goreng, mie goreng, atau isian burger ini juga merupakan sumber probiotik selain yoghurt. Walau sehat karena mengandung probiotik, acar biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi. Jadi, tetap batasi konsumsi acar ya, Teens!

Kalian doyan nggak 4 bahan makanan kaya probiotik pengganti yogurt di atas? 

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition