Capai Suhu Minus 62 Derajat Celcius, Tempat Ini Jadi Tempat Terdingin di Dunia!

Capai Suhu Minus 62 Derajat Celcius, Tempat Ini Jadi Tempat Terdingin di Dunia!

tiara susma
Monday, 09 July 2018, 17:30:00 1730 0

Para ilmuwan baru-baru ini mengungkapkan bahwa suhu terdingin di bumi mencapai minus 62 derajat celcius dan di mana ya tempat itu berada?

Suhu tersebut berada di lapisan es yang terletak di tengah Antartika (kutub selatan). Tempat ini disebut memiliki musim dingin yang cukup panjang.

"Tempat itu adalah tempat di mana suhu dingin di bumi telah mencapai batasnya, yang hampir sama dengan planet-planet lainnya," ucap Ted Scambos selaku pemimpin Penelitian National Snow and Ice Data Center di University of Colorado.

Antartika ternyata tempat paling dingin di dunia (dok. daily express)
Antartika ternyata tempat paling dingin di dunia (dok. daily express)

Sebelumnya, pengukuran suhu terdingin di dunia mencapai angka minus 53,6 derajat celcius pada 1983 silam. Suhu terdingin tersebut berada di Stasiun Pemantau Vostok Rusia yang letaknya tidak jauh dari kutub selatan.

Sementara itu, para ilmuwan sendiri menggunakan masker khusus penghangat udara untuk mengukur suhu dingin di tempat itu. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya pendarahan pada paru-paru. Manusia akan mengalami pendarahan ketika mereka memaksa untuk menghirup udara yang sangat dingin dalam beberapa kali tarikan nafas.

Suhu di Antartika mencapai minus 62 derajat celcius (dok. nasa)
Suhu di Antartika mencapai minus 62 derajat celcius (dok. nasa)

Pengukuran suhu tersebut juga menggunakan satelit yang dapat mendeteksi suhu saat melintasi Antartika. Penelitian ini disebut telah dilakukan Scambos dan rekan ilmuwan lainnya selama bertahun-tahun. Mereka berusaha memetakan kapan dan dimana suhu terdingin di dunia ditemukan.

Wah, ternyata tempat dengan suhu terdingin di dunia memang adalah di Antartika dengan suhu minus 62 derajat celcius. 

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition