Masih Bingung Dengan Konsep NCT? Berikut Penjelasannya!

Masih Bingung Dengan Konsep NCT? Berikut Penjelasannya!

Citra S. Paramitha
Monday, 11 June 2018, 14:31:02 1432 0
Masih bingung sama konsep NCT? Kalian wajib baca dulu nih! (dok. SM Entertainment)
Masih bingung sama konsep NCT? Kalian wajib baca dulu nih! (dok. SM Entertainment)

NCT (Neo Culture Technology) merupakan grup termuda yang berada di bawah naungan SM Entertainment dan mereka punya konsep yang unik dan cukup sering bikin orang-orang kebingungan.

Pada awal tahun 2018, NCT memberikan banyak kejutan bagi para penggemar yang sudah menanti-nanti comeback dari NCT tersebut. NCT kembali dengan 18 member dengan album bertajuk Empathy. Dengan melakukan comeback kali ini, NCT benar-benar menunjukan banyak warna baru dalam performanya yang memikat semakin banyak penggemar. Namun, tidak jarang ada penggemar yang masih bingung dengan konsep NCT. Apakah kamu salah satunya?

Merasa bingung dengan konsep yang diusung oleh NCT adalah hal yang wajar, bahkan para member NCT pun memakluminya. Maka dari itu, tidak sekali para member NCT menjelaskan konsep grupnya di beberapa acara. Berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu kamu pahami tentang konsep umum NCT.

Bagaimana Konsep NCT Secara General?

NCT memiliki konsep yang baru dan unik serta belum pernah digunakan oleh grup Kpop manapun sebelumnya. Pada Januari 2016, founder SM yaitu Lee Soo Man memperkenalkan NCT, grup global yang terdiri dari jumlah member yang tidak terhingga (limitless).

NCT melakukan debutnya dengan beranggotakan 15 orang yang berasal dari Korea, Jepang, Thailand, Tiongkok, Chicago dan Canada. Namun pada tahun 2018, NCT kembali dengan 18 orang anggota. Jumlah anggota tersebut dapat terus bertambah dari waktu ke waktu, begitu pula dengan unit yang berada di dalamnya. Calon anggota baru dari NCT juga tidak hanya akan berasal dari negara Korea itu sendiri, namun juga banyak dari luar Korea Selatan.

Saat ini NCT memiliki tiga unit yaitu NCT 127, NCT Dream dan NCT U. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa NCT akan memiliki unit-unit baru di tahun-tahun mendatang. Satu orang member dapat berada di satu unit atau bahkan lebih. Contohnya adalah Mark, Mark merupakan member dari NCT U, NCT 127 dan NCT Dream karena Mark dinilai sesuai dengan konsep yang dimiliki oleh ketiga unit tersebut.

Ini dia member NCT 2018 (dok. Istimewa)
Ini dia member NCT 2018 (dok. Istimewa)

Apa Saja Unit yang Ada dan Bagaimana Perbedaannya?

Unit pertama yaitu NCT U resmi debut pada April 2016 dengan single The 7th Sense” dan “Without You. U dalam unit ini memiliki arti "united" atau kesatuan, member yang terdiri di dalamnya bukan merupakan member tetap, namun dapat selalu berganti sesuai dengan konsep atau lagu yang akan dipromosikan.

Debut NCT U dengan 7th Sense (dok. SM Entertainment)
Debut NCT U dengan 7th Sense (dok. SM Entertainment)

Pada awal debutnya, NCT U terdiri dari lima member yaitu Taeyong, Mark, Doyoung, Jaehyun dan Ten serta Jaehyun, Doyoung dan Taeil. Pada tahun 2018, NCT U comeback dengan Boss yang beranggotakan 7 member yaitu Taeyong, Mark, Jaehyun, Doyoung, Winwin serta dua member baru yaitu Jungwoo dan Lucas. Selain itu, NCT U juga kembali dengan Baby Don't Stop yang berisikan Ten dan Taeyong.

Comeback NCT U - Boss (dok. SM Entertainment)
Comeback NCT U - Boss (dok. SM Entertainment)

Comeback NCT U - Baby Don't Stop (dok. SM Entertainment)
Comeback NCT U - Baby Don't Stop (dok. SM Entertainment)

Unit kedua yaitu NCT 127 yang berbasis di Seoul resmi debut dengan mini album NCT #127 dan title track berjudul Fire Truck. 127 memiliki arti titik koordinat garis bujur (longtitude) dari wilayah kota Seoul itu sendiri. NCT 127 mengawali debutnya dengan tujuh member yaitu Taeyong, Mark, Jaehyun, Taeil, Haechan, Yuta dan Winwin, kemudian pada tahun berikutnya NCT 127 kembali dengan Limitless dengan menambah dua member baru yaitu Doyoung dan Johnny.

Debut NCT 127 - Fire Truck (dok. SM Entertainment)
Debut NCT 127 - Fire Truck (dok. SM Entertainment)

Pada tahun 2018, NCT 127 yang biasanya mengusung konsep yang strong dan fierce kembali dengan lagu Touch yang menawarkan konsep bubbly dan cheerful. Sampai saat ini NCT 127 adalah satu-satunya unit yang memiliki anggota permanen.

Comeback NCT 127 - Touch (dok. SM Entertainment)
Comeback NCT 127 - Touch (dok. SM Entertainment)

Unit terakhir yaitu NCT Dream resmi debut pada Agustus 2016 dengan lagu berjudul Chewing Gum. NCT Dream merupakan unit yang beranggotakan member-member termuda. Anggota dari NCT Dream ialah para member yang berusia dibawah 20 tahun, anggota dari NCT Dream ini dapat berubah atau 'graduate' ketika telah melewati usia 20 tahun. Saat ini, NCT Dream terdiri dari tujuh anggota yaitu Mark, Haechan, Jeno, Jaemin, Renjun, Chenle dan Jisung.

Debut NCT Dream - Chewing Gum (dok. SM Entertainment)
Debut NCT Dream - Chewing Gum (dok. SM Entertainment)

Setelah sukses dengan Chewing Gum, salah satu anggotanya yaitu Jaemin terpaksa harus hiatus karena sakit sehingga tidak mengikuti promosi My First and Last dan We Young. Namun, di tahun 2018 ini Jaemin kembali mengobati rindu para penggemarnya dengan melakukan promosi Go bersama para anggota Dreamies lainnya. Biasa mengusung konsep yang cute, kali ini seolah bertukar dengan NCT 127, NCT Dream kembali dengan konsep yang strong dan fierce hingga membuat takjub para penggemar.

Comeback NCT Dream - Go (dok. SM Entertainment)
Comeback NCT Dream - Go (dok. SM Entertainment)

Pada tahun 2018 ini, selain melakukan promosi per-unit, NCT juga melakukan promosi dengan anggota lengkap yang diberi nama NCT 2018 dengan lagu Black on Black yang benar-benar menunjukan kemampuan dance yang luar biasa dari seluruh member. Tonton music video performance version-nya di sini!

Performance NCT 2018 Black on Black (dok. fansite Arant Androme)
Performance NCT 2018 Black on Black (dok. fansite Arant Androme)

Jadi bagaimana apakah kamu sudah paham dengan konsep NCT sekarang?

loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition