Korea Selatan Punya Aturan Baru Wajib Militer, Idol K-Pop Akan Sulit ke Luar Negeri?

Korea Selatan Punya Aturan Baru Wajib Militer, Idol K-Pop Akan Sulit ke Luar Negeri?

sora sarah
Friday, 08 June 2018, 17:31:15 3089 0
Korea Selatan punya aturan baru mengenai wajib militer yang pengaruhi Idol K-Pop (dok. Istimewa)
Korea Selatan punya aturan baru mengenai wajib militer yang pengaruhi Idol K-Pop (dok. Istimewa)

Ditinggal wajib militer adalah salah satu ketakutan para fans Idol K-Pop dan kini kayaknya kita akan semakin harap-harap cemas karena adanya aturan baru mengenai wajib militer nih, Teens. 

Hari ini (08/06/2018), muncul sebuah berrita menghebohkan terkait aturan baru mengenai wajib militer. Termasuk di antaranya adalah mengenai adanya pembatasan izin bepergian ke luar negeri bagi para pria Korea Selatan yang belum mengikuti wajib militer, termasuk para idol K-Pop.  

Seperti yang kita ketahui, para idol K-pop punya segudang kegiatan termasuk konser, tur dan fanmeeting di luar negeri. Namun, dengan adanya aturan ini, akan sulit bagi mereka untuk menyapa penggemar di luar Korea Selatan. Seperti apa sih aturannya? 

Idol K-Pop terbiasa bepergian ke luar Korea untuk konser dan fanmeeting (dok. Teen.co.id // sitaisgood)
Idol K-Pop terbiasa bepergian ke luar Korea untuk konser dan fanmeeting (dok. Teen.co.id // sitaisgood)

Selama ini, pria Korea yang berusia 25-27 tahun dan belum menjalani wajib militer bisa pergi ke luar negeri dengan bebas, tanpa adanya larangan tertentu. Izin bepergian juga dapat diperpanjang hingga 3 tahun. Namun, pada 29 Mei lalu, Asosiasi Tenaga Kerja Militer di Korea Selatan telah membuat peraturan baru terkait izin bepergian bagi pria Korea yang belum melakukan wajib militer di umur tertentu. 

Terhitung sejak 29 Mei, pria Korea yang berusia 25 - 27 tahun dan belum wajib militer tak akan bebas bepergian ke luar negeri. Mereka hanya diberi kesempatan untuk mengajukan izin berpergian hingga 5 kali, masing-masing untuk periode waktu selama 6 bulan. 

Aturan baru ini rupanya dibuat karena banyaknya pria yang menyalahgunakan izin bepergian sebagai alasan untuk menunda mengikuti wajib militer. "Peraturan izin perjalanan luar negeri yang direformasi adalah tambahan untuk peraturan yang ada karena izin perjalanan luar negeri jangka pendek telah disalahgunakan secara luas sebagai metode untuk menunda pendaftaran militer. Individu yang berusia antara 25 hingga 27 tahun (28 jika individu terdaftar dalam program doktor, menghadiri sekolah, atau menunda pendaftaran) memenuhi syarat untuk mendapatkan izin perjalanan luar negeri jangka pendek," jelas Asosiasi Tenaga Kerja Militer seperti dilansir dari Soompi. 

Idol K-Pop pun harus wajib militer (dok. Istimewa)
Idol K-Pop pun harus wajib militer (dok. Istimewa)

Tapi, tentunya tetap ada pengecualian. Izin akan tetap diberikan bagi mereka yang sudah berusia di atas 28 tahun namun terpaksa bepergian demi pengobatan, menghadiri acara keluarga, atau karena ada situasi yang tidak terhindarkan.  

Adanya peraturan baru ini tentunya akan menyulitkan para idol K-Pop yang harus pergi ke luar negeri untuk melakukan promosi bersama grupnya. Banyak fans yang takut bahwa para idol K-pop mereka kemudian akan mempercepat keberangkatan mereka mengikuti wajib militer karena adanya aturan baru ini. 

loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition