Nggak Ikut Bimbel? Jangan Khawatir, Ini 6 Tips Belajar Menghadapi SBMPTN!

Nggak Ikut Bimbel? Jangan Khawatir, Ini 6 Tips Belajar Menghadapi SBMPTN!

Annisa Gita
Monday, 23 April 2018, 13:30:42 1825 0
Meskipun nggak bimble, kamu tetap bisa menghadapi SBMTPN 2018 dengan tips ini Teens (dok. freepik)
Meskipun nggak bimble, kamu tetap bisa menghadapi SBMTPN 2018 dengan tips ini Teens (dok. freepik)

SBMPTN 2018 sudah di depan mata. Bagi kamu yang gagal jalur SNMPTN jangan khawatir dan merasa gagal, karena masih ada jalur lain yakni SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Banyak tentunya calon peserta SBMPTN berbondong-bondong melakukan bimbingan belajar atau bimbel intensif demi meraih kesuksesan ujian SBMPTN dan mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri favorit.

Namun, bagaimana bagi yang tidak mengikuti bimbel? Eits jangan khawatir Teens, simak yuk beberapa tips metode belajar SBMPTN tanpa harus mengikuti bimbel.

1. Pelajari soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Metode ini cukup dibilang ampuh, karena soal SBMPTN dari tahun ke tahun memiliki model soal yang hampir sama. Jadi, kalian bisa nih pelajari soal-soal tahun lalu dan jangan lupa pahami konsepnya juga ya.

Pelajari soal SBMPTN tahun lalu (dok. freepik)
Pelajari soal SBMPTN tahun lalu (dok. freepik)

2. Latihan soal setiap hari.

Dengan latihan soal, kamu akan terbiasa menghadapi soal-soal SBMPTN. Kamu bisa mengerjakan soal yang menurut kamu mudah, setelah itu kamu bisa tingkatkan varian dan level kemudahannya.

3. Download bermacam E-book dari Internet.

Kemajuan teknologi dan informasi sangat bermanfaat tentunya. Apalagi jika digunakan untuk hal-hal postif. Contohnya, kalian bisa mendownload bermacam E-book dari internet. Banyak sekali E-book SBMPTN yang dapat kalian unduh untuk menunjang kesiapan menghadapi SBMPTN.

Download e-book dari internet juga bisa loh Teens (dok. freepik)
Download e-book dari internet juga bisa loh Teens (dok. freepik)

4. Mengulang dan membuat rangkuman materi.

Mengulang materi tentu sangat diperlukan. Karena, soal SBMPTN sangat sulit diprediksi. Dengan mengulang justru membuat kalian menjadi tahu dan menambah wawasan. Jika takut lupa, kalian dapat membuat rangkuman materi tadi dalam secarik kertas. Itu akan membuatmu mudah dalam mengingatnya.

5. Tutor sebaya.

Cara ini juga kamu dapat andalkan. Jika kamu mengalami kesulitan belajar sendiri, kamu bisa mengajak temanmu untuk belajar bersama dan mengajari kamu materi yang belum terlalu kamu kuasai.

6. Membeli buku panduan SBMPTN.

Selain E-book yang dapat kalian andalkan dan di dapat dengan cara gratis, kalian juga bisa membeli buku panduan SBMPTN. Disitu akan terdapat rangkuman materi dan beberapa latihan soal. Itu akan membuat kamu juga terbiasa mengerjakan soal-soal SBMPTN. Eits ingat ya beli bukunya yang berkualitas.

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition