Jeans Kamu Terkena Noda? Yuk Bersihkan dengan Cara Ini!

Jeans Kamu Terkena Noda? Yuk Bersihkan dengan Cara Ini!

Clarissa Pangestu
Tuesday, 17 April 2018, 13:30:00 478 0
Gimana sih cara membersihkan jeans dengan benar? (dok. unsplash)
Gimana sih cara membersihkan jeans dengan benar? (dok. unsplash)

Celana atau baju jeans kalian kotor karena terkena noda seperti tinta dan sebagainya? Tenang, bisa dibersihkan dengan cara ini, kok! 

Hampir setiap orang memiliki celana jeans favoritnya. Itu lho… celana jeans yang pasti digunakan hampir di seluruh hari-hari istimewa atau celana jeans yang selalu digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Pasti sudah bukan hal yang asing lagi kan bagi kalian untuk menggunakan jeans yang sama selama beberapa waktu?

Eits, tunggu dulu, walaupun terdengar jorok, pasalnya kamu memang tidak disarankan untuk mencuci celana jeans terlalu sering kok! hal ini karena jeans yang terlalu sering dicuci justru akan membuat bahan jeans tersebut rusak.

Tapi tidak jarang bagi kalian yang terpaksa harus mencuci jeans dalam kurun waktu yang cukup sering karena tidak nyaman melihat noda yang mampir dan menempel di jeans kesayangan kalian, bukan? Nah, untuk mengatasi masalah itu kamu bisa melakukan beberapa cara dibawah ini. Yup, kamu bisa membersihkan noda di celana jeans kamu tanpa harus mencucinya lho!

Pasti bete kan kalau celana jeans kalian kena noda? (dok. Istimewa)
Pasti bete kan kalau celana jeans kalian kena noda? (dok. Istimewa)

Saus tomat / sambal

Noda pertama yang tanpa kita sadari mampir di celana jeans kita adalah saus tomat atau saus sambal.  Untuk menghilangkan noda bekas saus ini, kamu hanya cukup hilangkan sisa-sisa tumpahan saus dari atas jeansmu, kemudian bilas bagian yang terkena noda dengan cuka dan biarkan selama 5 menit, lalu bilaslah cuka tersebut dengan menggunakan air dingin dan keringkan jeans kamu.

Tanah

Sama seperti menghilangkan noda saus di celana jeans, kamu juga cukup menggunakan cuka dengan cara yang sama pada jeans kamu yang terkena noda tanah. Walau begitu, noda tanah termasuk dalam jenis noda yang mudah untuk dihilangkan. Jadi sebenarnya, noda ini akan luntur dengan sendirinya saat kamu mencuci celana jeans kamu. Tapi kan tidak semua orang cukup sabar untuk menantikan waktu pencucian jeans.

Tinta

Untuk menghilangkan noda tinta dengan warna yang ge;ap dan pekat memang cukup sulit. Akan tetapi kamu bisa kok menghilangkan noda tinta tanpa harus mencuci jeans kamu. Selain cuka, kamu juga bisa menggunakan alkohol ataupun susu. Caranya adalah dengan menyikat secara perlahan bagian tersebut dengan kapas atau lap halus yang sebelumnya sudah kamu celupkan di dalam alkohol atau susu, bilas hingga bersih, dan keringkan.

Darah

Walaupun cukup jarang terjadi, namun noda darah menjadi salah satu noda yang mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan celana jeans. Nah, sekedar info nih Teens, kamu sangat dilarang untuk mencuci jeans yang terkena noda darah dengan air panas karena hal ini justru akan membuat noda darah semakin sulit untuk dihilangkan.

Jeans yang kena darah baiknya dicuci dengan cuka atau garam (dok. unsplash)
Jeans yang kena darah baiknya dicuci dengan cuka atau garam (dok. unsplash)

Cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk menghapus noda darah pada celana jeans adalah dengan menggunakan cuka atau garam. Yup, gosok bagian yang terkena noda darah dengan sikat yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam air garam atau cuka. Ulangi hal tersebut selama beberapa kali sampai noda sepenuhnya hilang dan kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

Kalau baju berbahan jeans atau denim kalian kena noda, bisa dibersihkan dengan cara seperti di atas ya! 

 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition