7 Kegunaan Baking Soda yang Mengejutkan

  • PDF

bakingsodabaking-sodabaking-soda1Baking soda adalah bahan serba guna. Orang terutama mengenalnya sebagai bahan pengembang kue dan roti. Banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan baking soda untuk mengusir bau dari kulkas. Beneran ampuh loh. Coba aja.
Tahukah kamu, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan? Sejak zaman Mesir Kuno, bahan sejenis baking soda sudah digunakan sebagai sabun karena sifatnya yang antiseptic (penangkal infeksi), antifungal (penangkal jamur), dan bisa mengelupas kulit mati dengan lembut.
Berikut ini 7 kegunaan baking soda yang mengejutkan. 

gigi1. Menyikat gigi.
Kebanyakan pasta gigi menggunakan sodium laurylsulfate sebagai bahan utama. Bahan ini memiliki efek yang keras dan tidak mustahil tercemar zat penyebab kanker (carsinogen), yaitu 1,4-dioxane. 
Jika kamu ogah memasukkan peroksida untuk memutihkan gigi kamu, gunakanlah cara yang lebih alami. Baking soda adalah pemutih gigi dan penghilang bau mulut yang aman. Bubuhkanlah di sikat gigi secukupnya. Rasanya seperti air laut, asin tapi nggak bikin mual kok.
cuci-muka2. Mencuci muka.
Kamu sebaiknya tidak memakai sabun pencuci wajah yang mengandung butiran kasar berfungsi untuk mengelupas lapisan kulit mati. Bagaimanapun juga kamu membutuhkan lapisan kulit teratas untuk menghalau benda-benda asing dan melembabkan kulit. Kebanyakan butiran penggosok (scrub) atau pengelupas (exfoliant) mengandung zat yang tidak jelas, termasuk bola-bola plastik. 
Jika wajah kamu benar-benar perlu digosok, gunakanlah baking soda. Siku dan lutut yang kasar bisa diperhalus dengan baking soda. Tambahkan madu mentah pada baking soda dan gunakanlah untuk mencuci muka. Sangat menyegarkan, menenangkan, dan antijerawat pula.
deodorant3. Menghilangkan bau badan.
Bau badan bisa dihilangkan dengan deodorant buatan rumah. Campurkan 4 sendok makan baking soda dengan 4 tetes essential oil (minyak esens) favorit kamu lalu oleskan pada ketiak. Agar teroles rata, gunakan kuas. 
jerawatSELENA-ALESANDRA4. Mengeringkan jerawat.
Untuk jerawat yang tidak terlalu dalam, cara ini sangat manjur. Buatlah pasta dari baking soda dan air. Oleskan pada jerawat. Pasti jerawat kamu akan cepat kering. Tapi untuk jerawat parah, gunakan obat khusus dari dokter. 
rambut5. Membersihkan rambut.
Kalau lagi kehabisan shampoo padahal harus keramas, manfaatkanlah baking soda. Ambil segelas air hangat dan larutkan 1 sendok makan baking soda. Gunakan campuran ini untuk keramas. Rambut kamu akan terasa sedikit terlapis dan lengket. Tapi pada bilasan terakhir rambut terasa segar. 
lambung6. Meredakan sakit perut.
Berbagai macam sakit perut (maag, mulas, kembung) bisa diredakan dengan cepat oleh baking soda. Itu karena baking soda mengandung alkalin yang bisa menetralkan asam yang menyebabkan berbagai macam sakit perut. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam segelas air hangat dan minumlah. 
kulit7. Berendam.
Larutkan baking soda ke bak mandi. Berendamlah dengan nyaman. Kulit kamu akan terasa lebih halus dan segar. 

 


Comments  

 
0 #11 arimbi 2013-01-26 11:16
baking soda itu sama dengan soda kue
Quote
 
 
0 #10 Diani 2012-11-25 03:12
Tp nyari baking sodanya susah...yg byk dijual baking powder dan soda...sampe pusing nyarinya.....
Quote
 
 
-2 #9 adinda azaa 2012-11-22 15:48
Apakah soda bisa menghilangkan flek hitam
Quote
 
 
0 #8 ilyas 2012-11-04 09:30
keren...22fe3ea7
Quote
 
 
0 #7 mr.x 2012-11-02 13:56
:zzz
Quote
 

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Teen Magazine Teenklopedia 7 Kegunaan Baking Soda yang Mengejutkan