KALAU TERPAKSA NGEBUT BELAJAR SEBELUM UJIAN....

  • PDF

ngebut-belajarBelajar ngebut untuk ujian harus dihindari sebisa mungkin. Mustahil mendapat nilai memuaskan jika kamu belajar dalam waktu yang sangat singkat. Kapasitas otak kamu kan terbatas. Tidak mungkin otak menerima begitu banyak informasi dalam kurun waktu hanya seminggu, misalnya.


    Namun demikian tidak semua siswa sadar hal ini. Mereka terus menunda-nunda persiapan ujian sampai menit terakhir. Hm, jangan ditiru yaaaaa. Janji yaaaaaaaa. Tapi seandainya kamu termasuk siswa yang bandel itu, hm ... mungkin kamu masih harus menghafal hingga malam menjelang ujian.     Apa yang harus dilakukan dalam kondisi mepet seperti itu? Meski tidak menyarankan belajar dengan Sistem Kebut Semalam, apa boleh buat, Teen turunkan juga trik-triknya.

1. Santaplah makanan yang memberikan kamu suntikan energi untuk belajar. Tapi hindari gula berlebihan karena akan membuat kamu sukar berkonsentrasi.
2. Sebutir apel membantu kamu berkonsentrasi lebih baik ketimbang secangkir kopi.
3. Belajarlah di ruangan yang terang tanpa gangguan, tapi hindari ruangan yang terlalu nyaman yang bisa  membuat kamu mengantuk.
4. Pertahankan sikap optimistis. Jauh lebih mudah belajar ketika kamu merasa rileks dibanding ketika kamu merasa tertekan.
5. Jika kamu tak punya banyak waktu lagi untuk mempersiapkan ujian, jangan ngotot berusaha mempelajari semua hal. Konsentrasilah pada topik yang paling penting dan mungkin memberikan kamu nilai tinggi.
6. Konsentrasilah pada gagasan utama dan pelajarilah rumus-rumus kunci. Lewatkan detil-detil kecuali jika kamu punya waktu ekstra.
7. Tuliskan gagasan/rumus kunci pada selembar kertas dan pelajari berulang-ulang. Pengulangan sangat membantu kamu untuk menghafal rumus/gagasan itu.
8. Garisbawahi poin-poin penting dalam catatan kamu.
9. Bacalah ringkasan bab dengan seksama.
10. Pelajari soal ujian tahun-tahun sebelumnya, lihat lagi PR dan paper lama.
11. Jedalah belajar setidaknya selama 5 menit setiap 1 jam sehingga kamu bisa mengistirahatkan otak.
12. Jika waktu memungkinkan, tidurlah setidaknya selama 3 jam sebelum ujian. Jangan lupa pasang alarm.

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Teen Magazine Teenklopedia KALAU TERPAKSA NGEBUT BELAJAR SEBELUM UJIAN....