Variety Show Korea : Sebeken K-Pop & K-drama

  • PDF

1day-2-nightHai, Guys! Coba deh nonton variety shows Korea Selatan. Produser-produser variety shows di sana punya ide super simpel―bahkan cenderung kekanak-kanakan, tapi sukses bikin penonton pengin nonton lagi dan lagi. Termasuk TeenSmile.

radio-star running-man

Variety shows di Korea Selatan udah jadi santapan sehari-hari teve-geek, selain drama dan acara musiknya. Ribuan views dan likes memenuhi YouTube untuk video unggahan K-variety shows. Bahkaaan, ada yang mengoleksinya sampai berpuluh-puluh episode. Sesuatu banget nggak siiiy?
Tren lain yang berkembang dalam variety shows Hanguk adalah memakai seleb-seleb papan atas sebagai host atau bintang tamu, en biasanya sukses meraup penonton. Siapa sih yang nggak pengin ngeliat seleb-seleb itu melepas topeng mereka sebagai bintang dan menjadi manusia biasa yang dengan santai tertawa keras, menangis sedih, bahkan membuka masa lalunya yang mungkin nggak begitu ceria?
Mulai sekarang, nonton yaaaa (bisa lewat Internet/teve berbayar). Dijamin kamu bakal terhibur deh. 

Happy Sunday: 1 Night 2 Days (KBS)
Orang-orang Korea Selatan bekerja 5 hari seminggu. Saat libur akhir pekan tiba, para pekerja biasa menghabiskan waktu untuk berlibur selama 1 malam 2 hari. Inilah yang jadi konsep dasar acara Happy Sunday: 1 Night 2 Days. Acara yang diikuti 6 orang ini menghibur banget lho, apalagi waktu MC nya masih Kang Hodong dan Lee Seung Gi yang merupakan MC en aktor-penyanyi paling beken di Korea Selatan. 1 Night 2 Days juga berkali-kali meraih awards sebagai variety show favorit dan terbaik di Korea Selatan.
Enam orang terpilih (dari kalangan seleb) yang ikut 1 Night 2 Days harus rela mengikuti semua aturan dalam games yang dibuat selama melakukan perjalanan ke suatu tempat. Ada Luck or Not (Bok-bul-bok Game) yaitu permainan siapa yang bakal tidur di dalam en di luar rumah (pakai tenda atau hanya sleeping bag dalam cuaca apapun), siapa yang dapat makan siapa yang nggak. Yang kalah dapat hukuman mengerikan (baca: jijay), misalnya minum air garam, menenggak saos kacang, menyicip wasabi dan lainnya. Hal unik lainnya dari acara ini, tim produksi juga ikut main dan harus siap dipermalukan di depan kamera.

Strong Heart (SBS)
Kang Hodong dan Lee Seung Gi lagi-lagi dipercaya memandu sebuah acara variety show yaitu Strong Heart. Hodong bertahan dari tahun 2009-2011, Seung Gi dari tahun 2009-2012. Seung Gi memutuskan untuk mengundurkan diri karena fokus mau melebarkan karier nyanyinya ke taraf internasional. Pengganti Seung Gi adalah aktor Lee Dong Wook dan Shin Dong Yeop.
Acara ini juga diikuti Leeteuk SuJu, Eunhyuk SuJu dan Shindong SuJu (2009-2012). Apa sih Strong Heart? Acara ini intinya mau menguras air mata para seleb Korea. Sekitar 20 seleb diundang ke studio dan ditantang untuk menceritakan kisah hidup yang bisa menghasilkan emosi kuat dan belum pernah dipublikasikan, yang bisa bikin penonton nangis atau ketawa ngakak. Ada beberapa kisah yang saking sedihnya bikin Seung Gi ikutan nangis.
Sepuluh members Super Junior pernah ikut acara ini bulan Agustus tahun lalu. Alhasil Strong Heart episode SuJu meraih rating tertinggi di bulan itu. Mau lebih dekat secara emosi dengan idola kamu? Nonton Strong Heart.

Good Sunday: Running Man (SBS)
Variety show ini kocaaaaak. Agak lebai tapi bikin ketagihan. Running Man yang dipimpin MC Yoo Jaeseok ini diikuti 2 tim yang saling berkompetisi untuk memperebutkan sesuatu, mencari sesuatu, menghindar dan lari dari orang yang mengejar mereka. Seting acara ini adalah di tempat-tempat publik terkenal di Korea Selatan dan selalu dilakukan setelah tempat-tempat itu tutup alias malam hari. Yang bikin ngakak adalah cara masing-masing tim memenangkan kompetisi. Keliatan banget deh siapa seleb yang cocok jadi pemimpin, siapa yang sotoy, siapa yang pasrah dan siapa yang cuma pengin bersenang-senang tanpa ambisi Smile.
Banyak sekali seleb yang pernah ikut Running Man, di antaranya SNSD, 2PM, 2AM, Kim Hyun joong, f(x), Miss A, Kara, Siwon SuJu, SHINee, BoA, Ha Ji Won dan Big Bang. Mereka mau-mau aja tuh disuruh main petak umpet, memotong kabel bom supaya nggak jadi meledak, membunyikan bel sekolah di waktu belajar, de el el. Seru ye.

Golden Fishery Radio Star (MBC)
Acara ini dipandu Kyuhyun SuJu, Kim Gu Ra, Yoon Jong Shin, Kim Kook Jin dan Yu Sae Yoon. Nggak kalah lucu dari variety show lainnya, Golden Fishery Radio Star lagi beken-bekennya nih di Korea Selatan. Acara ini dijuluki para host-nya sebagai “high quality music talk show”. Narsis deh.
Radio Star malah lebih banyak menonjolkan sisi komedi daripada ngomongin musik. Acara ini dikemas dengan konsep talkshow santai dan penuh tawa. Mereka nggak malu membuka masa lalu masing-masing yang sifatnya sensitif, juga ngomongin para bintang tamu yang datang ke acara itu.

Star King (SBS)
Star King adalah talent variety program yang menyuguhkan aksi panggung dari sekitar 6 peserta. Ada beberapa seleb yang diundang jadi juri tetap dan juri tamu. Juri-juri ini memutuskan peserta mana yang lolos ke babak selanjutnya. Dua finalis dari 2 minggu/2 episode akan kembali berkompetisi. Pemenangnya boleh memilih hadiah: 2 juta won atau ikut berkompetisi lagi di minggu berikutnya dan punya kesempatan memenangkan 3 juta won. Kalau kalah, si finalis cuma akan mendapat 1 juta won.

Variety show lain yang beken di Korea Selatan (favorit Teen juga):
Infinite Challenge (MBC)
Happy Together (KBS2)
We Got Married (MBC)
Win Win (KBS2)
Hello Baby (KBS)

star-king strong-heart

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Teen Magazine Radar Variety Show Korea : Sebeken K-Pop & K-drama