Steve Jobs : Mengubah Hubungan Manusia dengan Komputer Jadi Menyenangkan

  • PDF

steve_jobsBeberapa hari terakhir Internet disesaki dengan obituari Steve Jobs, bos perusahaan gadget Apple. Dia menghembuskan nafas terakhir pada 5 Oktober 2011 lalu di usia 56 tahun akibat kanker pankreas. Dari Google hingga Twitter mengalir pernyataan belasungkawa yang tiada putus. Pujian untuknya disampaikan bukan hanya oleh para tokoh (termasuk Barack Obama), pecinta fanatik produk-produk Apple, melainkan juga orang-orang yang belum pernah sekalipun menyentuh iPod ataupun iPhone dan iPad.

Kebanyakan orang mengenangnya sebagai visioner, bahkan jenius. Pokoknya dia dianggap telah mengubah dunia melalui teknologi. Banyak yang setuju titel jenius disematkan pada Steve. Namun ada juga yang berkeberatan. “Jenius? Ah, Steve Jobs itu cuma cemerlang. Dia bukan jenius seperti Albert Einstein,” tulis seorang pengamat.
Ya mungkin juga orang berlebihan mengenang prestasi Steve. Dia bukan penemu teori yang revolusioner atau pencipta pesawat terbang, bukan? Tapi kita tidak mungkin mengecilkan perannya juga. Pencapaian terbesar Steve bukanlah karena dia menciptakan iPod dan produk-produk Apple lainnya. Yang dia lakukan jauh lebih luas. Penganut agama Budha itu telah sukses mengubah hubungan kita dengan komputer, dari rumit menjadi menyenangkan.
Berbeda dari pengusaha gadget lainnya yang hanya mementingkan fungsi, Steve menganggap software dan desain sama pentingnya. Karena itulah di tangannya gadget menjadi keren, sehingga orang yang memegangnya merasa bangga, dan kalau perlu memamerkannya. Steve dan Apple tidak membuat komputer yang gembrot, melainkan langsing dengan Graphic Interface (Grafis Antarmuka) yang membuat penggunaannya menjadi begitu ringkas. Dia sangat mementingkan unsur sentuhan dan itu terlihat dari penggunaan mouse pada iMac serta teknologi touchscreen pada iPhone.
Berkat Steve Jobs dkk di Apple, kita tidak perlu lagi bergerombol di muka sebongkah besar komputer. Masing-masing kita bisa mojok dengan komputer mini di telapak tangan masing-masing. Kita tidak perlu lagi memisahkan waktu bekerja dan waktu bersenang-senang, karena setiap saat kita bisa berhubungan dengan kolega dan keluarga. Kita bisa menjaga privasi di dalam kereta api yang hiruk-pikuk berkat iPod. Informasi apa saja yang ingin kita ketahui bisa kita akses hanya dengan satu-dua sentuhan.

Beberapa Produk Apple

iMaciMac
Inilah komputer meja Macintosh yang telah 5 kali berganti wajah, yaitu iMac G3, G4, G5, iMac (Intel plastic), iMac (aluminum) dan iMac (aluminum unibody). Kelak Apple mengeluarkan seri MacBook, laptop canggih yang sangat tipis.
ipod-nanoiPod
Media player yang diluncurkan pada 10 November 2001. Bisa digunakan untuk memutar (serta mentransfer) foto, lagu, video, gim, dan lain-lain.
itunesiTunes Store
Toko hiburan digital ini dibuka pada tahun 2003. iTunes Store menjual musik, film dan acara teve untuk komputer maupun smartphone
iphoneiPhone
Smartphone yang dirilis pertama kali pada 29 Juni 2007. iPhone menggabungkan fungsi iPod dan konektivitas Internet dalam sebuah smartphone yang cantik. Hingga kini sudah ada 5 generasi iPhone. Yang terbaru, iPhone 4S, dirilis 14 Oktober lalu. 
the-app-storeThe App Store
Toko digital yang menyediakan aneka aplikasi untuk iPhone dan iPod Touch. Sejak dibuka pada tahun 2008, The App Store kini dipenuhi 150 ribu program mini. 
ipad_screensiPad
Komputer tablet yang fungsi utamanya adalah sebagai platform bagi media audio-visual, termasuk buku, koran, majalah, film, musik, gim dan web content. Bentuk dan bobotnya ada di antara smartphone dan laptop computer. 

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Teen Magazine Gadgetholics Steve Jobs : Mengubah Hubungan Manusia dengan Komputer Jadi Menyenangkan