Super Junior Super Show 4 World Tour

  • PDF

suju-5Annyeonghaseyoooo!Teen deg-degan banget inih menunggu tanggal 28-29 April 2012. Tinggal 2 minggu lagi, Teenaholics, Super Junior (SuJu) akan datang ke negeri kita!

Akhirnyaaa yaaa penantian ELF Indonesia berakhir. SuJu nggak hanya melirik Indonesia untuk Super Show 4. Dengan mata terbuka lebar Leeteuk cs melihat jelas betapa banyak jumlah ELF Indonesia dan betapa banyak ELF yang menunggu kehadiran mereka beraksi di panggung negeri ini.
Teen bekerja keraaas membuat artikel Expose! kali ini hanya untuk kalian yang nggak sabar ketemu SuJu tanggal 28-29 April mendatang. Info-info tentang Super Show 4 kami cari, teliti, ketik, edit dan akhirnya siap kami suguhkan untuk Teenaholics, mulai dari persiapan konser sampai daftar lagu SS4. Siap-siap menghafal lagu-lagu SuJu dan dance kepret yaaaa. See u there!

suju4 suju2
suju-8 super-junior-backstage

Persiapan Konser
Sejak SuJu mengumumkan konser Super Show 4 (SS4) sekitar pertengahan 2011, fans dari seluruh dunia langsung bergerak cepat mengantisipasi agar nggak kehabisan tiket dan memastikan dapat tempat duduk terpewe saat konser.
SS4 World Tour diawali di Seoul pada 19-20 November 2011. Tiket SS4 Seoul yang dijual secara online di sebuah situs pada 13 Oktober 2011 ludes dalam 8 menit! Begitu juga dengan SS4 di Osaka Jepang, Taipei, Macau, Singapura. Yup, kesuksesan Super Show 1, 2 dan 3 membuat SS4 tetap dibanjiri penonton tanpa perlu promo heboh.

Megahnya SS4
Semegah apakah konser SS4?
SuJu memilih tema “The World is One” untuk konser SS4 World Tour. Panggung SS4 seluas 42x56 meter dibuat dengan konsep pergeseran benua (continental drift theory) dan sistem hidrolik. Konser ini juga akan didukung dengan teknologi 4D (baru pertama di Asia), pencahayaan dan tata suara maksimal. Jadi bisa dibilang persiapan panggung sangat penting selain persiapan fisik dan performa para personel SuJu.
“Yang spesial dari pertunjukan ini adalah tatanan panggungnya. Kami mengambil ide pergeseran benua. Karena itu kami menciptakan panggung yang dapat bergerak naik dan bergeser ke depan, belakang dan samping. Panggung yang bergerak ini membuat pertunjukan kami spektakuler!” jelas Leeteuk.
Menurut promotor resmi konser ini, ShowMaxx Entertainment, SuJu akan mengeluarkan aksi panggung yang luar biasa selama 4 jam.
Berbeda dari konser-konser Super Show lain yang biasanya dihadiri bintang tamu Amber f(x), Henry dan Zhou Mi, Super Show 4 Jakarta bakal kedatangan special guest, yaitu EXO! EXO adalah boy band baru dari SM Entertainment. Untuk pertama kalinya nih EXO bakal tampil di Super Show. Adik kecil SuJu ini kabarnya nggak sabar banget lho nunggu tampil sepanggung dengan sonbae mereka yang luar biasa.

Koreografi SuJu
Ngomongin koreografi SuJu pastinya nggak lepas dari ide cemerlang koreografer Shim Jae Won. Dari mula persiapan SS4, Shim Jae Won sering banget meng-upload foto-foto SuJu lagi latihan koreo. Yaa, walaupun cuma foto dari betis sampai kaki, tapi cukup bikin ELF ketar-ketir saking penasaran.
Di SS4 ini, Shim Jae Won pengin membuat sesuatu yang istimewa untuk penampilan SuJu. Ada bagian nggak terpisahkan dari penampilan SuJu di panggung. Permainan dan hentakan kaki jadi unsur utama dari koreo SuJu di SS4. Nggak ketinggalan, penonton nanti bakal diajak shuffle dance a la SuJu juga tuh. Lalu, kita akan dihibur dengan kepret dance yang memang jadi andalan SuJu di lagu “Mr. Simple”. Kalo kamu hafal setiap koreo SuJu, yuk mari ngedance bersama di Ancol nanti. Siape takut?

suju-6 suju-9
suju-7 suju1

Rutinitas dalam Konser
Leeteuk, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook en Kyuhyun selalu sukses menghibur ELF dari atas panggung dengan aksi panggung dan tingkah kocak mereka di SS4. Nah, sekarang saatnya kita melongok ke belakang panggung SS4 yuk!
Thanks to uri Leeteuk oppa yang mengunggah foto yang menggambarkan kegiatan SuJu di ruang tunggu SS4 Singapura Februari lalu kita jadi tauk apa aja yang dilakukan oleh sebagian personel SuJu sebelum mereka tampil.
“Di ruang tunggu, Kyuhyun menyikat gigi, Donghae main Internet dan Yesung adalah roh jahat (poltergeist)” tulis Leeteuk di Twitter. Secara gambar Yesung agak blur karena lagi mondar-mandir waktu Leeteuk membidik kamera ponselnya.
Kebiasaan lain para personel SuJu saat di belakang panggung SS4 adalah ber-selca (self camera) ria dan bercanda-canda sama kru.

Ciri-Ciri Penonton Super Show
Berapa jumlah fans SuJu alias ELF di seluruh dunia? Jawabannya adalah Superrrr Banyak! Gimana dengan jumlah ELF di Indonesia? Diperkirakan sih sekitar 130 ribu orang. Rata-rata para ELF akan setia ikut dan menonton ke mana dan di mana pun SuJu menggelar konser, terutama konser Super Show. Atribut apa aja yang mereka kenakan atau bawa demi mendapat perhatian Leeteuk and the gank saat nonton konser SuJu? Berikut ciri-cirinya!

  • Mengenakan kaos atau jaket bertuliskan Super Junior. Kadang ada juga yang kaosnya bergambar foto atau kartun personel-personel SuJu favorit mereka.
  • Setiap boys band di Korea biasanya punya merchandise khusus berupa handuk dan light stick. Desain handuk dan light stick para boys band memiliki ciri khas dan warna tersendiri. Warna light stick SuJu adalah biru laut safir (saphire blue ocean). Para ELF akan merasa lebih kompak dan menyatu saat melambai-lambaikan light stick ini di tengah-tengah konser. Dan biasanya para personel SuJu akan lebih mudah mengenali fans yang melambaikan handuk dengan inisial nama mereka.
  • Membawa poster, karton atau spanduk warna-warni hingga glow in the dark bertuliskan nama personel favorit atau kalimat pujian untuk SuJu.
  • Memakai bando, topi, hand band, pin, balon, topeng wajah personel SuJu dan pernak-pernik lainnya.

Boleh Motret Nggak siy di Konser SuJu?
Buat kamu yang menonton konser SuJu nanti, nggak disarankan untuk memotret menggunakan kamera atau pun tablet selama konser. Dilarang keras oleh pihak penyelenggara!!! Seandainya kamu nggak tahan untuk memotret dan diam-diam menggunakan kamera hape, tanggung sendiri ya akibatnya.
Tim keamanan selama konser banyak dan sangat ketat. Kalau kamu ketauan motret (dengan menggunakan alat elektronik apapun), kamu akan langsung diberi peringatan. Tiga kali peringatan nggak kamu gubris maka kamu akan digiring ke luar konser dan alat elektronikmu akan disita. Rugi besar kan kalau kamu sampai ketinggalan konser gara-gara harus berurusan dengan pihak keamanan?

suju3 suju
suju-1 suju-3

Denah Mata Elang
Mari kita bedah lokasi di dalam tempat konser. Denah ini Teen peroleh langsung dari promotor Showmaxx Entertainment. Untuk pembagian bangku penonton, pembagiannya diwakili oleh 5 jenis warna. Ada biru, hijau, pink, oranye dan kuning. Urutan warna tersebut juga dibagi sesuai level jauh-dekatnya penonton ke panggung utama. Ada level 1 yang sangat dekat dengan panggung utama dan bagian lidah panggung. Level 2 itu nggak jauh-jauh amat dari panggung utama. Sementara yang agak jauh dari panggung yaitu penonton yang memiliki tiket di Level 3.
Coba amati dan bayangkan kamu sekarang berada di dalam gedung berkapasitas 10 ribu penonton ini. Teen bantu deh supaya kamu bisa lebih menghayati. Di level 1 itu ada warna biru. Ada 8 bagian yaitu Super Box A, Super Box B, Super Box C, Super Box D, Super Fest E, Super Fest F, Super Fest G dan Super Fest H. Di bagian warna biru adalah festival standing. Setelah biru, kita beralih ke warna hijau. Ada 6 area Junior VIP di sini. Bedanya, ada 3 area yang masuk di level 1 dan sisanya terpecah di level 2. Junior VIP I, Junior VIP J dan Junior VIP K masih di dalam lingkaran level 1. Sementara Junior VIP L, Junior VIP M dan Junior VIP K udah terbelah ke level 2.
Selanjutnya kita ke bagian warna merah yang cuma ada kursi khusus untuk Super VIP O. Di bagian ini, penonton bisa melihat suasana konser secara frontal. Nah di warna oranye, penonton terpecah ke 2 bagian sisi panggung. Super Sky P terletak di sisi kiri sementara Super Sky Q berada di sisi kanan panggung. Setelah itu kita bergerak ke level 3 yang diwakili warna kuning. Ada kursi Junior R di sayap kiri dan Junior S di sayap kanan. Agak jauh memang jarak pandang penonton untuk bisa melototin personel SuJu yang cakep-cakep. Tapi demi SuJu, jauh pun nggak masalah kali ya. Udah masuk gedung ini aja pasti menyisakan sejuta cerita seru buat bikin temen-temen kamu yang gak nonton pada mimisan.

Harga Tiket SS4
SS4 Indonesia akan diselenggarakan tanggal 28-29 April 2009 di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta. Tanggal 28 April show dibuka jam 7 malam dan tanggal 29 April show dimulai jam 1.30 siang. Di bawah ini adalah harga tiket SS4 Indonesia (murah kaaaaan?):
-Super Box and Super Festival (Free Standing) - Rp1.700.000,00 (USD 180)
-Junior VIP Seat (Numbered Seating) - Rp1.400.000,00 (USD 150)
-Super VIP Seat (Numbered Seating) - Rp2.000.000,00 (USD 212)
-Super Sky Seat (Numbered Seating) - Rp1.000.000,00 (USD 106)
-Junior Sky Seat (Free Seating) - Rp500.000,00 (USD 53)

Rute Menuju MEIS (Mata Elang International Stadium), Ancol
Kendaraan pribadi
Akses menuju MEIS, Ancol dengan menggunakan kendaraan pribadi gampang banget. Kamu tinggal masuk tol dalam kota dan keluar di tol Ancol Kemayoran. Dari Pintu Utama Ancol, belok kanan deh. Siap-siap macet dah.

Kendaraan umum

  • Ke Ancol naik Trans Jakarta bisa banget kok. Naik Trans Jakarta dari Kampung Melayu, Kampung Rambutan atau Lebak Bulus menuju Ancol harganya murah meriah, 3.500 rupiah ajah.
  • Kalo pengin naik bis, naiklah bis rute Blok M-Priok atau Grogol-Priok harganya 6 ribu rupiah, trus turun deh di depan pintu masuk Ancol.
  • Kamu juga bisa naik kereta ekonomi Jabotabek (2 ribu rupiah), turun di stasiun Kota trus lanjut deh naik bajaj (15 ribu) atau mikrolet M15 A (3 ribu rupiah) ke Ancol.

Prediksi Kedatangan & Hotel SuJu
Biasanya SuJu datang ke negara tempat konser berlangsung sehari sebelum konser berlangsung, atau pas hari-H. Jadi untuk SS4 Indonesia, SuJu diperkirakan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng pada tanggal 27 April 2012. ELF Indonesia udah bisa dipastikan bakal tumpah ruah di Bandara Soetta tanggal 27 April mendatang.
Di mana SuJu menginap? Biasanya sih artis-artis luar memilih hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta untuk menjadi tempat beristirahat. Untuk artis-artis oriental, ada beberapa yang memilih untuk menginap di Hotel Novotel, Mangga Dua Jakarta. Mana yang akan SuJu pilih? Ritz Carlton? Novotel? Atau hotel-hotel lain di Jakarta? We’ll see.

Jumlah penonton SS4:
1. Seoul: 50 ribu penonton.
2. Osaka: 80 ribu penonton.
3. Taipei: 30 ribu penonton.
4. Singapura: 10 ribu penonton.
5. Macau: 30 ribu penonton.
6. Bangkok: 40 ribu penonton.
7. Paris: 7 ribu penonton.
8. Jakarta: (diperkirakan) 20 ribu penonton.

suju-2 suju-4

SS4 Songlist:

• “Superman”
• “Opera”
• “Twins (remix)”
• “A Man In Love (remix)”
• “Bonamana (remix)”
• “You’re My Endless Love”
• “Wonderboy”
• “Rokkugo!”
• “Walkin’”
• Eunhyuk’s Solo
• Sungmin’s Solo
• Kyuhyun’s Solo – “Isn’t She Lovely”
• Ryeowook’s Solo – “Move Like Jagger”
• Leeteuk’s Solo – “She”
• Shindong’s Solo – “Twinkle Little Star”
• “Good Friends”
• “Pajama Party”
• “Feels Good
• “Perfection” (Korean Ver.)
• “A-Cha!”
• “Mr. Simple”
• “Don’t Don”
• Yesung’s Solo – “Kiss Me”
• Siwon’s Solo – “Your Grace is Enough”
• Donghae’s Solo – “Oppa!” –feat. Eunhyuk
• “Storm” - KRY, Donghae, Sungmin
• “Y”
• “Lovely Da” (Acapella Ver.)
• “You and I”
• “Our Love”
• “Do Ray Me Fa Saw Ra Te”
• “White Christmas”
• “Dancing Out”
• “U”
• “Sorry Sorry”
• “Miracle”
• “Destiny” (Korean Ver.)
*EXO performances.

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Teen Magazine Expose Super Junior Super Show 4 World Tour