Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Datang Bulan!

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sedang Datang Bulan!

Clarissa Pangestu
Thursday, 05 April 2018, 18:30:40 18598 0
Ini makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat haid (dok. StyleCaster)
Ini makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat haid (dok. StyleCaster)

Sebagai perempuan, kita pasti selalu kedatangan tamu setiap bulannya. Datang bulan ini adalah proses alami yang dialami para kaum perempuan dan bukan suatu hal yang bisa dihindari.

Sayangnya, sang tamu ini tidak datang sendirian, seringkali ia datang dengan sederetan bumbu-bumbu seperti mood yang naik turun dan juga rasa sakit di perut yang tidak jarang membuat banyak perempuan harus beristirahat total di rumah.

Ini makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat datang bulan (dok. putthatcheeseburgerdown.com)
Ini makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat datang bulan (dok. putthatcheeseburgerdown.com)

Yup, suka atau tidak suka, faktanya saat sedang datang bulan tubuh kita menjadi lebih sensitif. Beberapa bagian tubuh seringkali terasa nyeri. Nah, hal ni terjadi karena adanya perubaha fisiologis akibat hormone reproduksi yang disebut dengan dismenore.

Kondisi ini bisa lho kamu minimalisir dampaknya dengan memperhatikan menu makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sedang datang bulan.

Di bawah ini adalah menu-menu yang sebaiknya kamu hindari saat sedang datang bulan agar tidak memperburuk kondisi tubuh kamu:

  1. Es batu

Es batu dapat membantu proses kerja rahim untuk meluruhkan darah kotor. Hal ini akan membuat darah kotor tertahan di rahim dan membeku. Nah, kalau kondisi terus berulang, rahim kamu akan butuh waktu bekerja lebih keras dan menyebabkan kram perut yang luar biasa sakitnya.

  1. Produk berbahan susu

Walaupun sebenarnya susu baik untuk kesehatan karena mengandung kalsium, namun susu juga mengandung asam arachadonic yang bisa menstimulasi keluarnya zat prostaglandin dari dalam tubuh kamu.

Kondisi ini akan membuat kamu kram yang cukup hebat. Nah, untuk kamu yang masih tetap ingin mengkonsumsi susu saat sedang datang bulan, kamu bisa menggantinya dengan susu almond.

  1. Gorengan

Nah, kalau yang satu ini kayaknya akan sangat sulit dihindari. Namun saat kamu sedang datang bulan, kamu sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi gorengan.

Hal ini karena lemak dan minyak jenuh dalam gorengan akan membuat kadar hormon esterogen pada tubuh kamu meningkat dan bisa berdampak perut kamu terasa mual serta nyeri berkepanjangan. Walau begitu, bagi makanan yang digoreng dengan minyak sayur atau minyak hewan dipastikan akan lebih ramah terhadap rahim kamu.

Hindari gorengan saat datang bulan ya Teens (dok. twitter)
Hindari gorengan saat datang bulan ya Teens (dok. twitter)

  1. Makanan yang dipanggang

Selain makanan yang digoreng, makanan yang dipanggang juga menjadi salah satu menu yang harus kamu hindari saat sedang datang bulan. Hal ini karena pengolahan makanan dengan cara dipanggang membuat makan tersebut mengandung banyak sekali lemak trans. Nah, lemak trans ini akan membuat perutmu kram atau merasakan nyeri.

  1. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kabar buruk untuk kamu para penggemar kafein! Saat sedang datang bulan, kamu harus menghindari menu-menu dengan kandungan kafein di dalamnya.

Hal ini karena saat sedang datang bulan, tubuh kamu mengeluarkan banyak cairan berupa darah, sedangkan konsumsi kafein dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang kemudian berakhir dengan dehidrasi. Tidak jarang juga kamu akan merasa pusing, sakit kepala, dan tubuh menjadi lebih cepat lelah.

  1. Makanan dan minuman manis

Makanan dan minuman manis disini maksudnya adalah makanan dan minuman dengan kandungan glukosa yang cukup tinggi seperti soda ataupun permen. Saat makanan dan minuman sejenis ini dikonsumsi dalam jumlah banyak saat sedang datang bulan, kalori dan kadar gula di dalam darah kamu akan meningkat. Hal ini akan berakhir dengan emosi yang tidak bisa kamu kendalikan.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-