Karuta, Permainan Kartu Unik Asal Jepang! Mau Coba?

Karuta, Permainan Kartu Unik Asal Jepang! Mau Coba?

Clarissa Pangestu
Monday, 26 February 2018, 11:30:01 22491 0
Pernah main Karuta asal Jepang ini? (dok. duncansensei)
Pernah main Karuta asal Jepang ini? (dok. duncansensei)

Teens, diantara kalian ada yang pernah dengar atau memainkan Karuta nggak? Permainan kartu unik asal Jepang ini menarik, lho. 

Berbicara soal Jepang, kita pasti akan teringat dengan jejeran street food khas Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki yang semakin mudah ditemui bahkan di negara kita sendiri, tentang musim semi di Jepang yang dihiasi dengan ratusan pohon bunga sakura yang tentunya sangat cantik, berbagai kebudayaan Jepang dari yang familiar sampai yang mungkin sangat asing bagi kita, serta hal-hal tradisional yang mungkin cuma bisa kita temui di Jepang.

Nah, sama seperti Indonesia yang memiliki banyak sekali permainan tradisional, di Jepang sana ada sebuah permainan kartu tradisional yang unik dan mungkin masih cukup asing di telinga kalian. Nama permainan kartu ini adalah karuta. Yup, karuta adalah permainan kartu tradisional dimana di dalam kartu terdapat sebuah petunjuk dan jawaban (biasanya gambar dan peribahasa) pada masing-masing kartunya.  Kata 'karuta' sendiri berasal dari kata 'carta' yaitu selembar kartu dalam bahasa Portugis.

Pada awalnya karuta merupakan sebutan yang digunakan untuk permainan kartu remi, namun seiring dengan perkembangan zaman, permainan kartu ini dikenal sebagai hanafuda, yaitu sebuah permainan yang memakai satu set kartu dimana ada yomifuda (kartu untuk dibaca) dan torifuda (kartu untuk diambil).

Masih bingung?

Cara main karuta ini sebenarnya sederhana, hanya saja kamu membutuhkan kemampuan untuk mengingat yang kuat guna memenangkan permainan ini. Satu hal dasar yang harus kamu ketahui tentang karuta adalah permainan ini mengadaptasi pemainan mencocokan cangkang kerang pada zaman Heian, dimana setiap cangkang kerang dilukis dan diacak untuk kemudian dicocokkan per-pasangannya. Nah, dari sini jadi lebih mudah dimengerti kan bagaimana cara bermain karuta ini?

Pada zaman Sengoku, permainan karuta dimainkan dengan menggunakan kartu-kartu yang berisi puisi Hyakunin Isshu. Puisi Hyakunin Isshu ini merupakan gaya antologi tradisional kompilasi waka puisi di Jepang. Pada awalnya permainan karuta diperuntukkan hanya untuk para kaum bangsawan, dan hal ini tentu membuat kartu karuta menjadi sebuah barang yang mahal dan memiliki nilai tersendiri. Walau begitu, pada zaman sekarang, karuta tidak melulu tentang mencocokkan puisi tapi sudah menjadi salah satu media pembelajaran bagi anak-anak. Yup, permainan karuta digunakan sebagai media bagi anak-anak untuk mempelajari huruf degan lebih cepat.

Karuta sendiri memiliki beberapa tema kartu yang bisa dimainkan, salah satunya yang paling populer adalah Iroha Karuta. Iroha Karuta ini paling cocok dimainkan oleh para pemula dan juga anak-anak. Dalam Iroha Karuta, terdapat 47 suku kata dari suku kata Hiragana yang ditambahkan 'Kyo' agar jumlahnya menjadi genap 48 kartu.

Iroha Karuta adalah jenis yang paling populer (dok. before mario)
Iroha Karuta adalah jenis yang paling populer (dok. before mario)

Walaupun terdengar akan membosankan, pasalnya permainan karuta ini masih populer di Jepang lho. Di negeri sakura sana, kompetisi karuta diadakan hampir sepanjang tahun. Kompetisi ini diadakan di beberapa Prefektur dan kemudian diambilah 2 pemain terbaik dari masing-masing wilayah untuk kemudian dipertemukan untuk memperebutkan gelar Queen bagi pemain perempuan dan Master bagi pemain laki-laki. Nah, dalam turnamen individu karuta, akan ada pembagian sesuai dengan tingkatan kemampuan sang pemain yaitu kelas A sampai kelas E. Ada lagi nih Teens yang spesial, dalam setiap kompetisi karuta, kamu tidak bisa menggunakan pakaian yang biasa atau kasual, melainkan harus menggunakan pakaian tradisional Jepang. Wah...  semakin berasa ya betapa prestige nya permainan ini.

Tertarik main Karuta? (dok. matcha)
Tertarik main Karuta? (dok. matcha)

Untuk kamu yang penasaran dengan permainan karuta, kamu bisa lho menonton permainan karuta melalui anime Chihayafuru, karena anime ini memang mengadopsi permainan karuta sebagai salah satu pendukung plot paling utamanya. Tidak cuma anime saja, Chihayafuru sendiri sudah diadaptasi dalam bentuk live action juga lho Teens. Kamu bisa tonton di sini:

Siapa tahu habis menonton Chihayafuru kalian jadi tertarik memainkan karuta, kan? Selamat menonton dan mencoba permainan kartu Jepang ini, ya. 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-