Menurut Studi Ini 1 Jam Main Medsos Bisa Buat Kita Susah Tidur di Malam Hari, Wah Kenapa Ya?

Menurut Studi Ini 1 Jam Main Medsos Bisa Buat Kita Susah Tidur di Malam Hari, Wah Kenapa Ya?

trias ismi
Tuesday, 30 January 2018, 16:00:00 1813 0
Main medsos 1 jam bisa bikin susah tidur malam (dok. unsplash)
Main medsos 1 jam bisa bikin susah tidur malam (dok. unsplash)

Bermain smartphone memang menyenangkan tapi ternyata menurut studi yang satu ini saat kita 1 jam menggunakan medsos maka bisa membuat kita kesusahan tidur di malam hari nih Teens.

Studi yang dipublikasikan di Acta Paediatrica tersebut mengambil data dari hasil survei sebanyak 5.242 murid di Kanada yang berusia antara 11 sampai 20 tahun. 

Para peneliti itu mengukur durasi tidur dari responden sesuai dengan rentang umur mereka dan durasi tidur mereka. Misalnya anak usia 11-13 tahun durasi tidur yang seharusnya adalah 9-11 jam. Sedangkan anak usia 14-17 tahun durasi tidurnya seharusnya 8-10 jam. Pada orang dewasa atau lebih dari 18 tahun seharusnya durasi tidurnya 7-9 jam. 

Hasilnya ternyata mereka yang menggunakan media sosial mulai dari WhatsApp, Facebook dan sebagainya selama 1 jam sehari bisa sangat mempengaruhi jam tidur dari para responden. 

Main medsos selama 1 jam bisa bikin suah tidur (dok. Orange Website)
Main medsos selama 1 jam bisa bikin suah tidur (dok. Orange Website)

Sebanyak 63,6% dari responden kekurangan tidur dari durasi waktu yang seharusnya mereka dapatkan sesuai umurnya. Mereka memang mengaku selalu menggunakan media sosial hingga lebih dari satu jam setiap harinya.

"Dampak dari media sosial terhadap pola tidur memang jadi topik menarik mengigat hal itu bisa memberikan efek yang kurang baik pada kesehatan karena kekurangan tidur," kata salah seorang penulis dari Children's Hospital of Eastern Ontario Research Institute, Philippe Chaput dilansir dari Metro.

Terlalu lama menggunakan media sosial memang tidak baik karena bisa membuat kita malas belajar hingga malas bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Namun, hal paling membahayakan adalah menggunakan smartphone sebelum tidur karena bisa mengganggu produksi melatonin sehingga kita menjadi kesulitan tidur.

Main medsos bisa bikin susah tidur nih (dok. unsplash)
Main medsos bisa bikin susah tidur nih (dok. unsplash)

Penggunaan media sosial yang terlalu sering bagi remaja memang bisa membuat kecanduan hingga mengalami gangguan mental lho Teens. Jadi sebaiknya mulai saat ini kita harus mulai menguranggi penggunaan media sosial karena dari banyaknya hasil studi menunjukkan terlalu ketergantungan dengan media sosial memang nggak baik buat kita lho Teens

Jadi tanggapan kalian seperti apa nih Teens soal hasil studi yang mengungkapkan bahwa 1 jam main medsos bisa membuat kita susah tidur seperti di atas?

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-