Sering Bad Mood Mendadak? Berikut Ini Tips Meredakannya

Sering Bad Mood Mendadak? Berikut Ini Tips Meredakannya

Akbar Hari Mukti
Monday, 10 October 2016, 13:01:56 15564 0

Perasaan yang kita rasakan setiap saat menjadi salah satu kunci penting dalam kita bersikap. Jika perasaanmu sedang bahagia, senang, indah, berbunga-bunga, tentu saja kamu dapat bersikap dengan enak dan tenang. Pokoknya, apapun yang kamu lakukan akan menjadi lebih enak.

Namun, jika kita sedang mengalami sebuah perasaan yang tidak enak, atau yang sering disebut dengan bad mood, maka apapun yang sedang kamu lakukan, tiba-tiba akan menjadi tidak enak.

Apa yang sedang kamu kerjakan akan berubah menjadi tidak maksimal. Tak jarang kamu akan menumpahkan kekesalanmu kepada orang-lain yang tidak tahu menahu apa-apa gara gara kamu sedang bad mood. Pokoknya, perasaan bad mood itu akan mengganggumu dalam bersikap.

Nah, kamu sering mendadak menjadi bad mood? Awas, selain merugikan orang lain, hal tersebut tentu saja sangat merugikan dirimu sendiri, lho! Apa ya, cara untuk dapat mengatasi bad mood yang sering hinggap ke dirimu? Tenang, berikut ini kami akan memberikanmu beberapa tips untuk meredakan bad mood yang datang tiba-tiba.

1. Lakukan hal-hal yang kamu senangi

Hal ini penting, karena dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, maka mood kamu akan cepat kembali seperti sedia kala. Contohnya, kamu hobi dengan fotografi. Saat kamu bad mood menyerang tiba-tiba, segeralah keluar rumah dan ambil kameramu. Bidik beberapa objek yang kamu sukai dan bikin beberapa foto dari sana. Atau jika kamu senang menyanyi, kamu dapat mendengarkan musik kesukaanmu dan bernyanyilah dengan keras hingga berteriak! Niscaya dengan hal tersebut, moodmu akan jauh lebih baik.

2. Berpikir secara positif

Bad mood terkadang terjadi karena kamu sering berpikir secara negatif. Contohnya, kamu berada di situasi dimana sekelilingmu adalah orang-orang yang tidak kamu sukai. Nah, daripada kamu terus berpikiran tentang oranf-orang di sekelilingmu, coba atur pikiranmu secara lebih terbuka. Berpikir lebih positif sangat baik buatmu, karena hal tersebut akan membuat perasaanmu jauh lebih tenang dan senang, lalu badmood akan pergi secepat kilat.

3. Tarik nafas dalam-dalam!

Ini dia teknik yoga yang dapat kamu aplikasikan dalam membuang bad moodmu. Teknik bernafas secara dalam-dalam untuk kemudian dilepaskan kembali adalah salah satu teknik di dalam yoga yang berguna untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Nah, kamu dapat menerapkan teknik tarik nafas secara dalam-dalam ini untuk membuat pikiranmu lebih rileks juga. Dengan pikiran yang lebih rileks, maka bad mood yang ada di pikiranmu akan menghilang dan kamu akan dapat beraktivitas lagi dengan gembira.

4. Jangan buka sosial media apapun

Nah, ini dia salah satu cara agar kamu dapat berhenti bad mood. Jangan membuka sosial media yang kamu punya sementara waktu. Hal itu sangat berguna untuk mencegah kamu membuat status berupa makian atau status baper yang tidak jelas. Jika kamu membuat status seperti itu, tak ayal kamu akan menjadi bahan ledekan teman-temanmu dan bad moodmu tidak akan pergi. Maka, sekali lagi, jauhi sementara Facebook, Twitter, dan Path dan carilah udara bebas dan pemandangan diluar rumah.

5. Tidur

Tidur, tak diragukan lagi menjadi opsi paling baik untuk mengatasi sebuah kondisi bad mood berkepanjangan. Dengan tidur, maka tubuh, pikiran maupun perasaan akan serasa di set ulang menjadi 0 lagi. Saat bangun tidur, kamu akan menjadi sedikit lebih enak dan tidak merasakan bad mood seperti yang kamu rasakan pada saat sebelum tidur. Sebenarnya bad mood itu muncul dari diri sendiri, maka dirimu sendirilah yang dapat mengatasinya.

Nah, itu dia beberapa tips agar kamu dapat meredakan perasaan bad moodmu yang datang tiba-tiba. Setelah kamu membaca artikel ini, diharapkan kamu dapat meredakan bad moodmu secara lebih cepat agar aktivitasmu sehari-hari menjadi tidak terkendala.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar