Waduh, Ini Efek Bahaya Mengonsumsi Yogurt Bersamaan dengan Susu!

Waduh, Ini Efek Bahaya Mengonsumsi Yogurt Bersamaan dengan Susu!

Ema Aprilisa
Wednesday, 20 September 2017, 09:30:06 18623 0
Sering mengonsumsi susu dan yogurt secara bersamaan? (dok. Tipsntutorialpro)
Sering mengonsumsi susu dan yogurt secara bersamaan? (dok. Tipsntutorialpro)

Banyak orang yang berpikir kalau mengombinasikan beberapa jenis makanan sehat akan bisa meningkatkan efek baiknya untuk tubuh. Selain untuk manfaat kesehatannya, makanan sering dikombinasikan juga untuk membantu penyerpan nutrisi atau menyehatkan pencernaan.

Salah satunya adalah mengonsumsi yogurt dan susu bersamaan, misalnya dalam bentuk smoothie. Susu memang sering dikombinasikan dengan yogurt, terutama untuk hidangan sarapan karena dianggap baik dan bernutrisi.

Faktanya ternyata tidak demikian, Teens. Tak semua makanan cocok untuk dicampur atau dimakan bersamaan. Seperti dikutip dari buku The Complete Book of Ayuverdic Home Remedies, ada kombinasi makanan tertentu yang bisa menggangu sistem pencernaan.

Suka minum yogurt dan susu? (dok. Food dan Nutrition)
Suka minum yogurt dan susu? (dok. Food dan Nutrition)

Gejalanya adalah membuat perut kembung dan tidak nyaman. Dr. Vasat Lat dalam buku tersebut menyebutkan bahwa yogurt sebaiknya tak dipadukan dengan susu. Demikian pula memadukan yogurt dengan buah yang asam, melon, ikan, mangga, keju, dan pisang, juga dianggap tak baik bagi kesehatan.

Alasannya karena yogurt bersifat asam, kental, dan merangsang sekresi kelenjar dalam tubuh. Karakter yogurt ini berlawanan dengan sifat khas susu. Selain itu, yogurt yang merupakan produk fermentasi tidak boleh dikonsumsi dengan susu karena akan menghambat penyerapan nutrisi dan bisa menyebabkan infeksi saluran cerna.

Oleh karena itu, jika kita pernah merasakan kembung, kram perut atau masalah sakit perut lainnya setelah mengonsumsi smoothie atau makanan lain yang mengandung campuran susu dan yogurt, sebaiknya hentikan memakannya ya, Teens.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-