4 Kebaikan Ini Didapatkan Jika Ikut Berkurban saat Idul Adha

4 Kebaikan Ini Didapatkan Jika Ikut Berkurban saat Idul Adha

trias ismi
Sunday, 03 September 2017, 08:00:49 1147 0
Inilah kebaikan saat kamu berkurban pada Idul Adha (dok. unsplash)
Inilah kebaikan saat kamu berkurban pada Idul Adha (dok. unsplash)

Salah satu hari raya umat Islam yang paling ditunggu selain Idul Fitri ialah Idul Adha. Pada hari raya ini semua umat Islam yang mampu melakukan korban akan menyembelih hewan kurban dan akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Bahkan, ada juga orang-orang yang tak mampu atau berpenghasilan pas-pasan yang rela menabung sebisa mungkin agar bisa ikut berkurban. Namun, tentu masih juga ada mereka yang mampu berkurban tapi tak mau ikutan dengan banyak alasan.

Padahal berkurban memiliki banyak kebaikan, seperti 4 hal di bawah ini Teens.

1. Menjalankan perintah Allah SWT

Melakukan kurban saat Idul Adha bagi mereka yang mampu adalah perintah dari Allah SWT. Tentu saja jika kita bisa melaksanakannya kita akan mendapatkan pahala dan juga berkah. Tradisi berkurban sendiri dilakukan sejak masa Nabi Ibrahim yang saat itu diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putranya Nabi Ismail.

Tentu Nabi Ibrahim saat itu memiliki perasaan takut untuk melakukannya, tapi demi menjalankan perintah Allah ia pun melakukannya. Dengan niat yang ikhlas menjalankan perintah Allah, terbukti Nabi Ismail terlindung dan diselamatkan dari sayatan pisau. Jadi dengan selalu taat dengan perintah Allah kita pasti akan selalu diberikan kemudahan dalam hidup Teens.

2. Mendapatkan kebaikan sebanyak helai bulu dari hewan kurban

Berkurban juga bisa mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang melakukannya. Ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa saat kita berkurban maka bisa mendapatkan pahala sebanyak bulu hewan yang dikorbankan. Jadi kalian bisa bayangin sendiri kan Teens seberapa banyak bulu hewan sehingga kebaikan yang kita peroleh tentunya juga sangatlah banyak sekali.

3. Memiliki sifat yang suka berbagi kepada orang yang membutuhkan

Tak hanya pahala saja yang kita dapatkan, berkurban juga bisa membuat kita memiliki sifat yang suka berbagi. Memang saat kita melakukan kurban kita memiliki niat untuk menjalankan perintah Allah. Namun, setelah hewan sudah disembelih tentunya dagingnya akan dibagikan kepada orang-orang yang tak mampu. Melihat hal itu tentunya bisa membuat hati kita tergetar karena kita bisa membantu orang lain dan tentunya akan memupuk sifat suka berbagi kepada sesama.

4. Membuat kita memiliki tujuan untuk selalu bekerja keras

Melakukan kurban memang akan membuat kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan juga kebaikan-kebaikan yang lainnya. Tentu saja hal itu bisa membuat kita lebih termotivasi untuk selalu  bekerja keras agar bisa berkurban setiap tahunnya. Kita pun akan selalu bekerja dengan sungguh-sungguh agar bisa membantu orang yang membutuhkan dengan ikut berkurban tiap tahunnya.

Itulah 4 kebaikan yang bisa kita dapatkan jika ikutan berkurban. Banyaknya hal-hal baik yang bisa kita dapatkan saat berkurban tentunya harus membuat kita lebih semangat dan termotivasi agar mampu segera berkurban Teens.

Jadi kalian pun bisa mulai menyisihkan uang sedikit demi sedikit hingga akhirnya bisa ikut melakukan ibadah berkurban saat Idul Adha, suatu saat nanti ya.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-