HUT RI 72: Ini Asal-usul Lomba 17 Agustusan!

HUT RI 72: Ini Asal-usul Lomba 17 Agustusan!

Ema Aprilisa
Friday, 04 August 2017, 12:30:16 2056 0
Ilustrasi. Ini asal usul lomba 17 Agustus (dok. Khairiyah Sartika // teen.co.id)
Ilustrasi. Ini asal usul lomba 17 Agustus (dok. Khairiyah Sartika // teen.co.id)


Beda negara, beda pula cara perayaan kemerdekaannya. Di Indonesia, perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap 17 Agustus umumnya dirayakan dengan upacara bendera dan juga beragam lomba.

Bermacam-macam perlombaan khas peringatan kemerdekaan yang sering disebut dengan 17 Agustusan ini, digandrungi hampir seluruh orang Indonesia. Tak pandang kota, maupun di desa. Pesertanya juga beragam, pria, wanita, remaja dan anak-anak, semua turut merayakan kemerdekaan Indonesia.

Beberapa lomba yang umum diadakan saat 17 Agustus antara lain lomba balap karung, makan kerupuk, dan panjat pinang. Panitia penyelanggara biasanya juga menyediakan hadiah untuk para pemenang. Uang yang dipakai untuk persiapan lomba dan hadiah-hadiahnya, tak jarang didapat dengan cara urunan.

Hingga kini, tidak diketahui pasti siapa tokoh pelopor tradisi perlombaan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Yang pasti, perlombaan tersebut mulai umum dilakukan sekitar tahun 1950-an.

Konon, tradisi ini berawal dari peperangan mempertahankan kemerdekaan yang kala itu mulai mereda. Ibu kota negara yang sempat dipindahkan ke Yogyakarta, juga telah dikembalikan ke Jakarta.

Untuk mengenang perjuangan kemerdekaan yang tidak mudah, orang-orang ingin merayakannya dengan cara yang menyenangkan tapi tetap membuat orang-orang ingat dengan jerih payah pahlawannya.

Oleh sebab itu, beragam lomba pun bermunculan. Inspirasinya beberapa dari permainan tradisional Indonesia dan ada pula yang diambil dari lomba-lomba yang populer saat masa penjajagan Belanda dan Jepang.

Kalau kamu, suka ikut lomba kemerdekaan yang mana nih, Teens setiap 17 Agustus?

loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition