Jangan Diam Saja, Lakukan Hal Ini Saat Melihat Orang Lain Sedang Dibully!

Jangan Diam Saja, Lakukan Hal Ini Saat Melihat Orang Lain Sedang Dibully!

trias ismi
Tuesday, 18 July 2017, 12:00:46 778 0 0
Jangan diam saja. Yuk, bantu dan lakukan sesuatu saat melihat orang lain dibully (dok. teen.co.id)
Jangan diam saja. Yuk, bantu dan lakukan sesuatu saat melihat orang lain dibully (dok. teen.co.id)

Bullying adalah tindakan yang sangat buruk tapi sampai saat ini masihlah sering kita temui. Umumnya pembullyan dilakukan di sekolah hingga tempat kerja dan selalu merugikan pihak korban hingga mengalami stres atau bahkan depresi.

Tak sedikit orang saat melihat kejadian pembullyan hanya bisa diam dan tak ikut bertindak. Malahan ada juga yang pura-pura tak melihat bahkan cuek saat ada orang yang melakukan tindakan tak bermoral tersebut. Padahal kita bisa ikut menolongnya sehingga perbuatan bullying tersebut bisa segera dihentikan nih Teens.

Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakuakn saat melihat ada orang lain yang sedang dibully, antara lain:

Segera tolong korban yang sedang dibully tersebut

Jangan hanya terpaku saat melihat teman yang sedang dibully, segeralah tolong mereka dan berdiri di sampingnya. Kalian nggak perlu malu saat dibilang sok pahlawan atau komentar-komentar negatif dari para pembully itu. Kalian hanya perlu menetapkan hati dan beranikan diri untuk menolong teman yang dibully tersebut.

Jangan gunakan kekerasan untuk melawannya

Membantu seorang korban bully tak melulu harus dengan kekerasan kok Teens. Kalian bisa melakukan hal lain seperti menjadi mediator atau penengah di antara mereka. Bicarakan baik-baik dan tak perlu emosi apalagi melakukan kekerasan.

Jika mereka masih tetap mengganggu dan tak bisa diajak bicara, segera laporkan ke guru atau orang yang lebih bertanggung jawab dan bisa mengatasi masalah ini. Jika menggunakan kekerasan untuk melawan para pembully, nanti urusannya bisa tambah panjang dan kalian juga bisa dirugikan nantinya Teens.

Carilah dukungan dan bantuan orang lain

Menjadi penolong dari korban bully tentunya bisa membuat kita rentan ikut terbully. Niat ingin menolong orang lain, tapi malahan bisa membuat kita sendiri yang menjadi korbannya. Untuk mencegah hal itu terjadi, lebih baik kalian mencari dukungan orang lain agar bisa mengurangi bentuk pembullyan tersebut.

Namun, meski korban bully memiliki banyak teman yang mau membelanya, biasanya aksi bully pun terus berlangsung. Jika sudah begitu kalian lebih baik langsung melaporkannya ke guru, kepala sekolah atau bahkan orang tua mereka nih Teens.

Banyaknya insiden pembullyan di Indonesia sepertinya dikarenakan kurangnya pemahaman dari dampak buruk bullying. Banyak dari mereka menganggap itu hanya lelucon belaka, padahal dampak dari perbuatan mereka bisa mempengaruhi kehidupan seseorang lho.

Jadi dengan menjadi remaja cerdas yang sadar dengan dampak buruk dari pembullyan, kalian harusnya selalu menghindari perbuatan tak bermoral ini. Jangan lupa untuk membantu dan mendukung para korban pembullyan agar bisa mengurangi stres dan kesedihan mereka karena hal tersebut ya Teens.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition