Coba 7 Cara Ini Untuk Hilangkan Rasa Kantuk Setelah Makan Siang

Coba 7 Cara Ini Untuk Hilangkan Rasa Kantuk Setelah Makan Siang

Clarissa Pangestu
Tuesday, 18 July 2017, 13:38:01 807 0 0
Ilustrasi makan siang (dok. unsplash)
Ilustrasi makan siang (dok. unsplash)

Salah satu permasalahan yang paling sering dihadapi orang-orang selepas makan siang adalah rasa kantuk yang luar biasa. Yup, kalian pasti pernah atau sering kan merasa mengantuk selepas makan siang? Biasanya sekitar pukul 2 siang sampai pukul 4 sore menjadi waktu dimana kita merasa lemas, suhu tubuh menurun, dan kemampuan fokus serta konsentrasi pun akan mengalami penurunan juga.

Tapi tenang Teens, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa kantuk setelah makan siang lho. Ini dia:

1. Melakukan olahraga ringan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari adalah dengan melakukan olahraga ringan. Ragam olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah: jalan-jalan di area kantor/kampus/sekolah, menggerak-gerakkan tangan dan kaki, naik turun tangga, push up, lompat-lompat, dan olahraga ringan lainnya.

Lakukan olahraga tersebut selama kurang lebih 30 menit, hingga tubuhmu mengeluarkan keringat. Hal ini karena, saat tubuh kamu mengeluarkan keringat, asupan oksigen ke dalam tubuh akan meningkat dan rasa kantuk pun akan berkurang.

2. Membasuh muka dengan air

Cara yang satu ini tentu paling sering disarankan terutama oleh guru atau dosen, saat melihat mahasiswanya mengantuk di kelas. Yup, walaupun terlihat sepele, air cukup ampuh dalam mengurangi rasa kantuk.

3. Menyantap makanan yang tinggi protein saat sarapan

Cara ketiga untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari adalah dengan menyantap makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi saat sarapan. Walaupun banyak orang yang menganggap sarapan tidak penting, sebenarnya dengan kamu sarapan, kamu sudah memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas sehingga tubuh tidak terasa lemas dan mendatangkan rasa kantuk.

Pilihan menu yang mengandung protein yang tinggi adalah: telur, susu, kacang almond, atau daging ditambah dengan sayuran dan buah-buahan.

4. Menempelkan es batu di dahi

Walaupun cara yang satu ini cukup merepotkan, tapi menempelkan es batu pada dahi saat kamu mengantuk ternyata bisa mengurangi rasa kantuk lho, Teens. Hal ini karena suhu dingin yang dikeluarkan oleh es batu bisa membantu merefleksikan otak serta menyegarkan pikiran. Tidak harus es batu, kamu juga bisa menggantinya dengan menempelkan minuman dingin ke dahimu.

5. Konsumsi air putih yang banyak

Kalian pasti tahu kan pentingnya mengkonsumsi air putih untuk kesehatan tubuh? Yup, ternyata dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, kamu sudah membantu tubuhmu untuk mengurangi rasa kantuk. Hal ini karena saat mengantuk, biasanya tubuh kita sedang kekurangan oksigen dan salah satu cara mendapatkan oksigen adalah dengan mengkonsumsi air putih.

6. Duduk tegak

Posisi duduk yang tegak dan tidak membungkuk merupakan salah satu posisi duduk yang sangat disarankan bagi kalian yang sedang merasa mengantuk. Hal ini karena dengan duduk tegak, kamu membuat tubuhmu selalu berada dalam posisi siap dibandingkan posisi tengkurap atau tiduran. Selain itu, kamu juga bisa sesekali mengubah posisi dudukmu, misalnya dengan memiringkan kaki.

7. Dengarkan musik dengan beat yang cukup cepat

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mendengarkan musik. Tapi jangan dengarkan musik dengan beat yang lambat ya Teens, melainkan musik dengan beat yang cepat. Hal ini karena dengan mendengarkan musik tersebut, tubuh kamu akan ikut terpacu mengikuti lagu dan tanpa sadar melakukan gerakan-gerakan seperti menggerakkan kaki atau mengetukkan tangan ke atas meja, dimana hal tersebut dapat mengurangi rasa kantukmu.

Dicoba ya Teens agar tidak mengantuk setelah makan siang!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition