Mengapa Kucing dan Anjing Senang Saat Kepalanya Dielus?

Mengapa Kucing dan Anjing Senang Saat Kepalanya Dielus?

Ema Aprilisa
Monday, 17 July 2017, 19:07:11 134 0 0
Ini alasan mengapa kucing dan anjing suka dielus kepalanya (dok. istimewa)
Ini alasan mengapa kucing dan anjing suka dielus kepalanya (dok. istimewa)

Mengelus kepala anjing atau kucing adalah salah satu bentuk interaksi manusia dengan mereka. Tak jarang kita melihat respon kucing atau anjing yang terlihat suka dan menikmatinya.

Jika mengelus kepala kucing dan anjing dapat diartikan sebuah bentuk kasih sayang kita, ternyata bagi hewan yang banyak jadikan peliharaan ini, ada alasan lain mengapa mereka terlihat senang ketika kepalanya dielus.

Bentuk Perhatian

Dr Nicholas Dodman, dari Cummings School of Veterinary Medicine, Universitas Tufts, belaian lembut pada bagian kepala kucing atau anjing dapat diartikan sebagai bentuk perhatian. Hal ini mengingatkan mereka pada perilaku induknya yang selalu menjilat kepala ketika merawat anak-anaknya saat kecil. Bagi anjing, elusan dikepala juga akan membantuk ikatan dengan pemiliknya.

Meskipun demikian, tidak semua jenis anjing menyukai elusan di kepala. Beberapa anjing yang tidak terbiasa berinteraksi dengan manusia atau anjing yang tidak suka bersosialisasi menganggap sentuhan di kepala adalah sebuah tindakan mendominasi.

Hewan pun merasa diperhaitkan saat dielus oleh manusia (dok. unsplash)
Hewan pun merasa diperhaitkan saat dielus oleh manusia (dok. unsplash)

Perawatan Tubuh

Tidak hanya sebagai bentuk interaksi menyenangkan antara manusia dengan hewan peliharaannya, mengelus bagian kepala juga mereka artikan sebagai bentuk perawatan tubuh bagi kucing dan anjing.

Pasalnya, bagian pipi dan dagu adalah area yang sulit dijangkau ketika kucing menjilat tubuhnya untuk membersihkan diri. Oleh karena itu, ketika kita menyentuh area kepala atau menggaruknya, mereka mengganggap kita sedang membantu membersihkan tubuhnya sehingga mereka menyukainya.

Kepala merupakan area favorit kucing dan anjing saat dielus (dok. unsplash)
Kepala merupakan area favorit kucing dan anjing saat dielus (dok. unsplash)

Menenangkan Diri

Kucing atau anjing sering kali mengusap-usapkan kepalanya ke benda-benda di sekitar mereka. Perilaku ini bertujuan untuk menandai wilayah teritori mereka. Kucing dan anjing memiliki kelenjar bau di sekujur tubuh mereka dan kelenjar ini terkonsentrasi di area dahi, pipi, dan dagu.

Tak hanya pada benda, ketika kucing mengusapkan kepalanya pada kita, artinya mereka juga sedang menyebarkan aroma tubuhnya. Hal ini bertujuan untuk "menandai" kita sebagai area yang aman baginya, juga sebagai bentuk menenangkan diri karena mereka dapat mencium aroma tubuhnya di orang-orang sekitarnya.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition