3 Negara Ini Punya Definisi Cantik yang Nggak Biasa, Penasaran?

3 Negara Ini Punya Definisi Cantik yang Nggak Biasa, Penasaran?

Ema Aprilisa
Friday, 14 July 2017, 21:00:19 1531 0 0
Ilustrasi. Definisi cantik nggak hanya terbatas pada fisik menawan, tubuh langsing dan kurus Teens (dok. unsplash)
Ilustrasi. Definisi cantik nggak hanya terbatas pada fisik menawan, tubuh langsing dan kurus Teens (dok. unsplash)

Anggapan cantik bagi setiap orang mungkin bersifat relatif. Yang disebut cantik oleh seseorang, belum tentu cantik juga menurut orang lain. Selain karena anggapan pribadi, kultur budaya juga bisa jadi salah satu faktor mengapa definisi cantik, tidak memiliki standar universal yang bersifat absolut.

Jika pada umumnya seorang wanita dikatakan cantik apabila memiliki tubuh tinggi langsing, kulit mulus, rambut lurus ataupun berhidung mancung, lain halnya dengan definisi cantik dari negara-negara berikut.

Mauritania

Tolak ukur kecantikan bagi masyarakat Mauritania, Afrika ini cukup unik. Semakin gemuk seorang wanita, maka dianggap semakin cantik. Hal ini tidaklah mengherankan karena di negara ini kekeringan dan kelaparan adalah kondisi normal, oleh karena itu badan gemuk menyimbolkan kemakmuran.

Agar anaknya dianggap cantik, para orang tua yang memiliki anak perempuan kerap memaksa anaknya untuk makan banyak. Berat badan para gadis Mauritania bisa mencapai 100 kg bahkan lebih. Meski kebiasaan memaksa menggemukkan para gadis kini sudah mulai ditinggalkan karena masyarakat mulai menyadari obesitas mengganggu kesehatan, badan besar tetap jadi bentuk tubuh idaman para gadis.

Kenya

Bagi Suku Masai di Kenya, perempuan dianggap cantik apabila memiliki lubang telinga yang panjang. Semakin besar dan menggantung lubang telinganya, maka dianggap semakin cantik. Menurut tradisi, sejak kecil perempuan suku Masai sudah dipakasa mengenakan anting berat dari material menyerupai kayu dan besi seperti yang digunakan untuk gajah agar lubang telinganya lebar.

Seiring bertambahnya usia, anting yang dikenakan akan semakin berat. Agar terlihat lebih menarik, para perempuan Suku Masai akan menghias telinganya dengan manik-manik atau perhiasan berwarna warni.

Myanmar dan Thailand

Definisi cantik bagi suku Kayan yang tersebar di kawasan Asia seperti Myanmar dan Thailand, perempuan dianggap cantik apabila memiliki leher yang panjang. Leher panjang melambangkan kecantikan dan kemakmuran, oleh karena itu wanita lehar panjang dianggap lebih menarik bagi pria.

Demi memiliki lehar panjang, masyarakat Suku Kayan punya kebiasaan memakaikan kalung yang berbentuk seperti cincin, berbahan kuningan pada lehar para gadis sejak mereka berusia empat atau lima tahun. Semakin banyak jumlah cincin yang melingkar pada leher maka akan semakin menimbulkan ilusi bentuk leher yang jenjang.

New Zealand

Suku Maori, salah satu suku asli New Zealand punya tradisi mentato bagian tubuhnya ketika beranjak dewasa. Para pria suku Maori mentato tubuh pada bagian wajah, kaki, dan pantat, sedangkan para wanitanya menorehkan tato dibibir dan dagu sebagai simbol kecantikan.

Bagi perempuan suku Maori, semakin penuh tato dibibir dan dagunya maka dianggap semakin cantik dan menarik lawan jenis. Meski peradaban modern terus berkembang, hingga saat ini tato wajah tetap dianggap sebagai sebuah fashion statement bagi suku Maori.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition