Lewat Twitter Trendsmap, Ketahuan Ada Fans dari Korea Utara yang Ngepoin EXO

Lewat Twitter Trendsmap, Ketahuan Ada Fans dari Korea Utara yang Ngepoin EXO

sora sarah
Wednesday, 12 July 2017, 21:08:09 754 0 0
Fans EXO ternyata sampai Korea Utara loh Teens (dok. istimewa)
Fans EXO ternyata sampai Korea Utara loh Teens (dok. istimewa)

Popularitas grup EXO ternyata sampai ke Korea Utara. 

Bersiap comeback, SM Entertainment dan EXO mempersiapkan banyak hal untuk mendukung perilisan album mereka kali ini. Salah satunya, dengan membuka akun media sosial resmi seperti Twitter. 

Baru-baru ini, Twitter Korea memberikan pengumuman resmi mengenai antusiasme fans di seluruh dunia yang membicarakan EXO di akun Twitter mereka. Di hari Twitter @weareoneEXO resmi dibuka pada tanggal 8 Juli lalu, terdapat 11 juta tweet fans di Twitter yang mengimbuhkan tagar #EXO #KoKoBop dan #TheWarEXO pada cuitan mereka. 

Tak hanya itu, Twitter juga merilis Trendsmap yang memperlihatkan dari mana saja para fans yang menuliskan tagar tersebut berasal. Bisa kalian lihat sendiri nih Teens, dari titik merah yang terlihat dalam peta, ternyata popularitas EXO menyebar di seluruh dunia. 

Twitter Trendsmap yang menunjukkan penyebaran tweet mengenai EXO (dok. Twitter Korea)
Twitter Trendsmap yang menunjukkan penyebaran tweet mengenai EXO (dok. Twitter Korea)

Kabar yang mengagetkan adalah ternyata popularitas EXO tersebut sampai pula ke Korea Utara. Dari titik yang bersinar di peta Korea Utara, ternyata ada beberapa orang yang ngetweet mengenai EXO dari beberapa kota di negara tersebut. Misalnya di ibukota Pyongyang, Hamhung City dan Sinuiji City. Hal ini terjadi pada tanggal 9-10 Juli 2017 setelah twitter EXO resmi dibuka dan saat rilisnya teaser Kai. 

Peta Korea Utara di Trendsmap (dok. Twitter Korea)
Peta Korea Utara di Trendsmap (dok. Twitter Korea)

Hal ini tentunya mengagetkan banyak ornag, terutama netizen Korea. Sebab, seperti ditulis oleh SBS News, menurut UU Hukum Pidana Korea Utara, mendengarkan lagu Korea Selatan atau menonton drama Korea Selatan dapat dikenakan hukuman kerja paksa selama 10 tahun. 

Mantan Wakil Duta Besar Korea Utara, Thae Young Ho menjelaskan bahwa sekarang telah menjadi hal yang umum bagi warga Korea Utara untuk menikmati media Korea Selatan. Namun, mendengarkan musik Korea Selatan dan menonton drama Korea Selatan dilarang keras oleh undang-undang yang dibuat pada tahun 2015. Seseorang dapat dihukum 10 tahun kerja paksa karena berhubungan dengan konten yang dibatasi tersebut. 

Netizen Korea dan EXO-L di berbagai belahan dunia pun menunjukkan kekagetan dan kekhawatiran mereka. Mereka pun memberikan komentar seperti "Sungguh menakjubkan bahwa mereka berada di media sosial di Korea Utara tapi lebih mengejutkan lagi karena mereka penggemar EXO," "Aku harap mereka baik-baik saja dan tidak terkena masalah," dan masih banyak lagi. 

Pendapat kalian gimana nih Teens, soal EXO yang bahkan punya fans di Korea Utara?

 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition