Program Produce 101 Disebut Telah Membuat Kehidupan Remaja di Korea Menjadi Lebih Berat

Program Produce 101 Disebut Telah Membuat Kehidupan Remaja di Korea Menjadi Lebih Berat

trias ismi
Friday, 14 July 2017, 13:20:22 359 0 0
Produce 101 (dok. Istimewa)
Produce 101 (dok. Istimewa)

Nama program reality show Produce 101 pastinya sudah tak asing lagi bagi kalian pecinta K-Pop kan Teens? Program ini sangatlah populer karena menampilkan puluhan trainee yang berjuang agar bisa debut menjadi grup idol.

Program ini pun memang telah membuktikan kepopulerannya tak hanya di Korea saja, banyak juga fans internasional yang juga menikmati program yang satu ini. Namun, di balik suksesnya Produce 101 yang berhasil menarik banyak penonton, ternyata program dari Mnet ini juga memiliki sejumlah dampak buruk lho Teens.

Dikutip dari Koreaboo, saat ini fenomena Produce 101 memiliki dampak buruk karena telah membuat banyak pelajar di Korea mulai menerapkan sistem rangking kepada temannya berdasarkan penampilan fisiknya seperti yang dilihat dari program tersebut. Fenomena itu pun menjadi sorotan karena korbannya adalah para pelajar sekolah menengah yang masih remaja dan bahkan anak-anak di sekolah dasar.

Di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Seoul dilaporkan terdapat siswa yang suka memberikan ranking kepada temannya. Mereka adalah para siswa kelas 7 yang beranggotakan 30 anak dan diketahui telah memberikan rangking kepada temannya berdasarkan penampilan fisik, nilai, latar belakang keluarga dan bakat.

Sistem rangking seperti itu memang digunakan dalam program Produce 101 dimana para trainee dibagi menjadai beberapa kelas berdasarkan penampilan fisiknya, karakter, bakat dan pengaruh agensinya.

Fenomena itu pun membuat para guru di sekolah tersebut merasa ngeri dengan dampak yang bisa ditimbulkan dari sebuah pertunjukan reality show di TV. Para guru itu pun telah menegur dan bahkan memberi hukuman bagi para siswa agar tak lagi memberikan rangking pada temannya berdasarkan kriteria yang cukup tak masuk akal tersebut.

"Kami sudah mencoba dan memandu para murid kami sebisa mungkin agar mereka tak lagi saling menyakiti satu sama lain karena peringkat tersebut. Akan tetapi mereka tidak menghiraukan dan tetap melakukannya saat kami tidak ada. Murid-murid yang digolongkan dalam kelas F atau kelas yang terjelek mengalami stres yang sangat berat karena hal itu," ungkap seorang guru.

Ternyata tak hanya memberikan dampak pada remaja saja, rupanya anak-anak di sekolah dasar juga terkena dampak negatif dari program reality show tersebut. Seorang siswa kelas 4 SD pernah mengungkapkan bahwa ia dan teman-temannya saling menilai dan mengklasifikasikan mereka ke dalam beberapa tingkatan setelah menonton program audisi.

Para orang tua pun dihimbau untuk melarang anak-anaknya menonton program yang mempertontonkan pembagian berdasarkan tampilan fisik, bakat atau kriteria lainnya karena mereka bisa meniru dan menerapkannya kepada teman-temannya.

Wah, cukup serius juga ya Teens dampak negatif dari program reality show itu di Korea. Sebagai remaja yang cerdas tentunya kalian harusnya tahu ya bahwa membeda-bedakan teman berdasarkan penampilan hingga latar belakang keluarga adalah tindakan yang benar-benar salah ya Teens. Kalian harus ingat bahwa kontestan acara tersebut adalah trainee yang memang mempersiapkan diri untuk debut. 

Menonton acara televisi seperti Produce 101 tidak masalah, tapi kalian harus mengetahui batas mengenai hal-hal apa saja yang diterapkan di dunia nyata, ya! 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition