Wah, Ternyata Tidur Lebih Lama Saat Weekend Bisa Membuat Kita Lebih Pintar dan Langsing!

Wah, Ternyata Tidur Lebih Lama Saat Weekend Bisa Membuat Kita Lebih Pintar dan Langsing!

trias ismi
Wednesday, 12 July 2017, 21:02:25 739 0 0
Apakah kamu termasuk yang lebih suka tidur saat weekend tiba? (dok. Wise Bread)
Apakah kamu termasuk yang lebih suka tidur saat weekend tiba? (dok. Wise Bread)

Weekend atau akhir pekan sepertinya menjadi waktu yang paling banyak ditunggu oleh setiap orang nih Teens, kalian juga gitu nggak? Di akhir pekan kita akan mendapatkan istirahat setelah seminggu capek beraktivitas baik karena bekerja maupun aktivitas sekolah.

Umumnya banyak orang menggunakan waktu akhir pekan mereka untuk istirahat di rumah atau jalan-jalan agar badan dan pikiran kembali fresh untuk menghadapi hari sibuk yang akan datang lagi. Selain itu, ada juga tipe orang yang hanya akan tidur dan tidur untuk membalas kurangnya waktu tidur saat hari biasa.

Nah bagi kalian yang suka menghabiskan weekend dengan tidur, ada kabar baik nih Teens buat kalian. Pasalnya, tidur lebih lama saat weekend ternyata bisa membuat kita lebih pintar dan juga lebih langsing lho.

Dikutip dari Metro, terdapat sebuah studi yang menemukan bahwa kebiasaan tidur lebih lama saat akhir pekan bisa memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Sleep itu telah mengobservasi kebiasaan tidur dan Indeks Masa Tubuh dari 2.156 orang dewasa.

Hasilnya pun terlihat bahwa orang-orang yang tidak mendapatkan tidur dengan cukup pada saat hari biasa tapi bisa tidur lebih lama saat weekend, maka mereka memiliki Indeks Masa Tubuh yang lebih rendah. Hal itu disebabkan karena tidur tambahan di akhir pekan memiliki efek perlindungan bagi tubuh.

"Tidur lebih lama saat akhir pekan memiliki efek perlindungan biologis dalam mencegah pembatasan tidur yang disebabkan karena adanya kaitan dengan obesitas," demikian tulis periset.

Orang-orang yang kurang tidur memang sering diketahui lebih suka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Saat kekurangan tidur maka kadar gula darah menjadi naik dan bisa membuat kita cepat lelah dan lapar nih Teens.

Selain itu, dalam studi itu juga disebutkan bahwa tidur juga bisa meningkatkan kecerdasan kita. Saat kita merasa lelah maka otak juga akan menjadi lebih lesu dan membuat ingatan kita menjadi buruk.

Padahal saat tidur sebenarnya otak memproses informasi yang sebelumnya kalian lupakan sehingga bisa kembali kalian ingat kembali. Jadi saat kita merasa kelelahan karena setiap hari bekerja atau belajar, lebih baik gunakan waktu akhir pekan untuk menambah tidur agar otak dan pikiran kita bisa kembali lebih segar ya Teens.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition