Sering Deg-degan dan Demam Panggung Saat Presentasi, Berikut 4 Tips Ampuh Mengatasinya

Sering Deg-degan dan Demam Panggung Saat Presentasi, Berikut 4 Tips Ampuh Mengatasinya

tiara susma
Monday, 17 July 2017, 12:19:48 489 0 0

Kemampuan public speaking orang memang berbeda satu dengan yang lain. Jadi tidak heran jika beberapa dari kita merasa canggung dan mengalami demam panggung ketika sedang presentasi baik sendiri atau bersama kelompok belajarmu.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu membiasakan 4 hal ini sebelum maju presentasi.

Sering Berlatih

Cara ampuh mengatasi demam panggung tentu saja dengan sering berlatih. Kemampuan berbicaramu akan selalu stuck disitu saja kalau kamu enggan berlatih berbicara di depan umum. Cobalah mulai melatihnya dengan mengemukakan pendapatmu saat berdiskusi dengan teman organisasi, teman segengmu, atau keluargamu.

'Berhadapan' dengan Cermin

Cara yang satu ini memang sering dilakukan banyak orang. Melatih berbicara dihadapan cermin akan membantumu memonitor gesture maupun intonasi yang kamu gunakan untuk menjelaskan materi presentasi.

Hindari Minum Kopi

Selain dua cara diatas, menghindari minum kopi juga dapat membantumu lebih fokus dalam memahami materi presentasi yang akan kamu sampaikan. Daripada minum kopi, kamu justru dianjurkan minum air putih untuk membuat tubuhmu lebih rileks.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan beberapa jam sebelum presentasimu dapat membantumu mengusir rasa grogi. Kamu bisa mencobanya dengan melakukan pemanasan selama 30 menit atau hanya sekedar jogging di sekitar komplek rumahmu.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition