Pernahkah Terpikir, Mengapa Telur Berbentuk Oval?

Pernahkah Terpikir, Mengapa Telur Berbentuk Oval?

Ema Aprilisa
Monday, 17 July 2017, 12:35:55 91 0 0
Mengapa telur berbentuk oval? (dok. unsplash)
Mengapa telur berbentuk oval? (dok. unsplash)

Teens, pernah nggak kalian berpikir mengapa rata-rata telur berbentuk oval? Meski terlihat seperti pertanyaan sederhana, ternyata untuk menjawab pertanyaan ini perlu analisis dan penelitian yang tidak mudah.

Filsuf sekelas Aristoteles dulu juga sempat tergelitik dengan bentuk telur. Meski belum terbukti, Aristoteles hanya berasumsi bahwa bentuk telur dipengaruhi oleh jenis kelamin anak burung, jika anak burung betina makan ujung telur semakin runcing.

Alasan fungsional tentang bentuk telur yang khas yakni berbentuk elips tak seimbang, juga sering diungkapkan ahli. Secara morfologi, bentuk ovoid sangat menguntungkan induk burung saat mengerami. Telur yang berbentuk ovoid ini tidak dapat menggelinding terlalu jauh di permukaan yang rata, karena cenderung menggelinding berputar untuk kembali ke asalnya. Bentuk ovoid juga akan mempermudah burung mencengkeram telur ketika baru dikeluarkan dari kloaka.

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari gabungan beberapa universitas ternama dunia, kembali mengungkapkan alasan lain tentang bentuk telur. Dalam risetnya, peneliti menganalisis foto hampir 50.000 telur yang mewakili 1.400 spesies burung. Foto telur-telur ini diperoleh dari database Museum Zatologi Vertebrata di UC Berkeley yang dikumpulkan dari abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Bentuk morfologi telur tersebut diklasifikasikan dengan memperhatikan dua hal yakni berdasarkan bentuk asimetri atau perbedaan antara ujung runcing dan ujung tumpul telur, dan berdasarkan bentuk oval telur.

Setelah proses klasifikasi,para peneliti membandingkannya dengan garis keturunan burung, jenis makanan, prilaku dan tempat burung mengerami, serta kemampuan terbangnya. Berdasarkan informasi ini akhirnya para peneliti dapat memetakan bentuk telur.

Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa bentuk telur tidak dipengaruhi oleh jenis makanan melainkan dipengaruhi oleh kemampuan terbangnya. Burung yang memiliki kemampuan terbang yang baik memiliki bentuk telur yang cenderung asimetris atau lebih elips.

Hal ini karena burung yang menghabiskan banyak waktu di udara memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan organ dalam yang kecil. Akibatnya saat telur dikeluarkan dari tubuh induknya dan terdorong keluar, membuat bentuknya lebih elips.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition