War for the Planet of the Apes: Siapa yang Pantas Menghuni Bumi, Bangsa Kera atau Manusia?

War for the Planet of the Apes: Siapa yang Pantas Menghuni Bumi, Bangsa Kera atau Manusia?

Rifqi Herjoko
Monday, 17 July 2017, 16:30:41 343 0 0
War for the Planet of the Apes (dok. thestranger.com)
War for the Planet of the Apes (dok. thestranger.com)

Setelah sukses dengan kedua seri Planet of The Apes Sebelumnya, Rise of The Planet of The Apes serta Dawn of The Planet of The Apes, franchise film kera ini berlanjut ke seri ketiga nih War for the Planet of the Apes dengan cerita yang gak kalah memukau pastinya.

Sebagai penggemar berat Caesar sang pemimpin para kera di cerita ini, sejak seri pertama, tentu kelanjutan film ini bakalan sayang untuk dilewatkan. Biar paham tentang apa yang gue bicarain, simak dulu yuk sinopsis singkat dari film ini!

Diceritakan bahwa virus simian flu semakin menyebar, mengakibatkan hampir punahnya umat manusia. Hanya manusia terkuat yang bisa bertahan, sedangkan dampak bagi manusia yang lahir selanjutnya bisa meninggal atau mengalami cacat, seperti bisu. Di sisi lain, para apes yang dipimpin oleh Caesar semakin kuat. Setelah mengamati tingkah manusia, mereka dapat belajar untuk berbicara serta menggunakan senjata, bahkan kendaraan.

Hal ini membuat manusia khawatir akan keberadaan para apes. Mereka juga merasa bahwa simian flu yang selama ini menyebar disebabkan oleh keberadaan kera. Oleh karenanya, para tentara yang dipimpin oleh kolonel McCullough (diperankan oleh Woody Harrelson) bertindak semena-mena dengan melakukan pembantaian terhadap para apes di hutan dan gua. Insiden demi insiden ini yang membuat Caesar berang dan bertekad memerangi kelompok militer manusia. Kedua kubu pun bertarung untuk menentukan nasib spesies masing-masing.

Cerita War for the Planet of the Apes kali ini mempunyai 2 sudut pandang berbeda, Menurut kolonel, manusia harus mengorbankan kemanusiaan demi menyelamatkan kemanusiaan. Jika mereka tak menghabisi para kera, manusia akan musnah dan planet dikuasai oleh spesies kera.

Namun pandangan para apes berbeda. Menurut Caesar, para manusia sudah bertindak kelewat batas. Padahal, menurutnya para kera bukanlah bangsa barbar. Sang pemimpin sudah berkali-kali mengalah serta memberi ampun pada manusia, demi menghindari konflik serta perang yang hanya akan memakan korban, terutama untuk bangsa apes sendiri

Tentu jika melihat premis film ini, terdapat ironi serta pesan yang ingin disampaikan si pembuat film. Diceritakan bahwa para apes lah yang bertingkah sangat 'manusiawi'. Nah, ironi ini yang memunculkan pertanyaan, apakah manusia benar-benar lebih tinggi derajatnya dibanding kera, jika peperangan masih terus saja terjadi?

Untuk yang penasaran dengan film yang sarat makna ini, bisa ditonton dulu trailernya di bawah ini. War for the Planet of the Apes rencananya akan rilis pada akhir Juli 2017 kok, jadi masih ada waktu buat mulai ajak gebetan, atau pacar kalau ada. Jangan lewatkan ya!

Apes Together, Strong

Yuk, nonton trailer War for the Planet of the Apes di bawah ini:

 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition