Mudik Lebaran, Jangan Lupa Membawa 5 Camilan Bergizi dan Mengenyangkan Ini

Mudik Lebaran, Jangan Lupa Membawa 5 Camilan Bergizi dan Mengenyangkan Ini

Ema Aprilisa
Tuesday, 20 June 2017, 15:00:36 338 0 0
Mudik Lebaran tahun ini? Jangan lupa bekali diri dengan camilan sehat dan mengenyangkan Teens (dok. Asia News)
Mudik Lebaran tahun ini? Jangan lupa bekali diri dengan camilan sehat dan mengenyangkan Teens (dok. Asia News)

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, mudik seolah sudah jadi sepaket tradisi Lebaran di Indonesia. Perjalanan panjang, kemacetan di sana sini pasti tidak bisa kita hindari saat mudik Lebaran.

Agar tetap nyaman saat perjalanan mudik Lebaran, berbagai persiapan termasuk membuat camilan bergizi sekaligus mengenyangkan tentunya harus kita siapkan. Ini beberapa makanan yang bisa jadi bekalmu saat perjalanan mudik Lebaran.

Sandwich

Roti lapis bisa jadi bekal simple saat perjalanan mudik. Selain cara membuatnya yang mudah, isiannya yang lengkap mulai dari sayuran, protein dari daging atau keju, dan roti sebagai sumber karbohidrat, membuat roti lapis bisa jadi camilan bergizi sekaligus mengenyangkan.

Arem-arem atau Lontong Isi

Bagi orang Indonesia yang suka makan nasi, kadang membawa bekal sekotak nasi dengan lauk pauknya saat mudik justru malah membuat ribet. Oleh kerena itu, kita bisa membuat nasi jadi arem-arem atau lontong isi agar lebih praktis untuk makan di perjalanan.

Camilan dari nasi yang diisi dengan lauk ataupun sayuran kemudian dibungkus dengan daun pisang ini dibuat dengan cara dikukus seperti lemper. Proses pemasakkan berupa pengukusan dalam waktu yang relatif lama, membuat arem-arem cukup tahan lama untuk dijadikan bekal perjalanan jauh.

Macaroni Schotel  

Pilhan camilan mengenyangkan lain yang bisa kamu coba bawa saat mudik adalah macaroni schotel. Pasta sebagai sumber karbohidrat, telur, sayuran seperti wortel, kacang polong, dan campuran daging di dalamnya tentu jadi camilan bergizi lengkap yang siap mengganjal perutmu saat mudik.

Macaroni schotel yang dibuat dalam cup kecil akan memudahkan kita saat makan dalam kendaraan.

Muffin

Buat kamu yang suka camilan manis yang cukup mengenyangkan, kamu muffin bisa membuat sebagai bekal diperjalanan. Cara membuatnya yang mudah tentunya tidak akan menyita banyak waktu, apalagi jika kamu harus berangkat mudik pagi-pagi.

Snack bar

Salah satu makanan pengganjal lapar yang praktis selama perjalanan adalah snack bar. Kita bisa memilih yang terbuat dari banyak kacang-kacangan, oat, ataupun buah-buahan kering sebagai camilan tinggi protein sehingga kita bisa kenyang lebih lama.

Agar lebih sehat dan bisa mengatur komposisi bahannya, kita juga bisa kok membuat sendiri snack bar dirumah. Selain mudah dibuat, camilan ini juga cukup tahan lama, jadi kita bisa membutanya jauh-jauh hari sebelum perjalanan mudik.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition