Berikut Tradisi Lebaran Unik di 6 Negara: Mulai Dari Lampu Colok Hingga Perang Telur!

Berikut Tradisi Lebaran Unik di 6 Negara: Mulai Dari Lampu Colok Hingga Perang Telur!

tiara susma
Friday, 16 June 2017, 13:30:11 911 0 0
Perang telur merupakan salah satu tradisi Lebaran unik di Afghanistan (dok. Moesmus Afghanistan)
Perang telur merupakan salah satu tradisi Lebaran unik di Afghanistan (dok. Moesmus Afghanistan)

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi, Teens! Sebagian dari kalian tentu telah menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan saat lebaran baik itu baju, parcel, cemilan dan lain-lain. Saat lebaran, Indonesia selau identik dengan mudik, sungkeman, silaturahmi, halal bihalal dan tradisi lainnya.

Namun, bagaimana dengan negara lain? Apa saja tradisi unik mereka saat lebaran tiba?

Arab Saudi

Negara yang satu ini merayakan Idul Fitri dengan pertunjukan kesenian dari mulai teater,  musik hingga pembacaan puisi. Sementara itu, makanan yang tidak ketinggalan saat lebaran adalah daging domba yang disajikan bersama nasi dan sayuran. 

Malaysia

Tetangga kita ini memiliki tradisi lebaran yang cukup unik. Saat lebaran tiba, masyarakat disana akan menyalakan beberapa lilin di luar rumah mereka. Selain itu, mereka juga akan menghias rumah mereka dengan beberapa dekorasi lampu. Tradisi yang disebut Lampu Colok ini dimulai beberapa hari sebelum hingga seminggu setelah lebaran. 

Afghanistan

Di Afghanistan, masyarakatnya memiliki tradisi perang telur yang dilakukan oleh para pria. Mereka akan berkumpul ke taman-taman dan mulai melemparkan telur yang sudah masak ke arah satu sama lain. 

Tiongkok

Meskipun bukan negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, namun ternyata Tiongkok juga memiliki tradisi mereka sendiri. Pada saat Lebaran tiba, umat Muslim Tionghoa akan mengunjungi makam para leluhur mereka yang tewas ketika masa Dinasti Qing. 

Turki

Sementara itu di Turki, masyarakatnya akan memakan kurma sebagai sarapan sebelum berangkat shalat Ied. Turki juga memiliki tradisi unik lainnya yaiti Festival Gula atau Seker Bayram yang merupakan nama lain dari Idul Fitri. Tradisi ini menuntut orang yang lebih muda untuk mencium tangan orang yang lebih tua dan menempelkannya di dahi serta mengucapkan salam bayram

India

Di India, masyarakatnya cenderung merayakan hari raya idul fitri di kota New Delhi karena ibukota India tersebut merupakan pusat perayaan Lebaran yang paling meriah. Selain itu, mereka juga tidak akan lupa menghidangkan siwaiyaan yaitu bihun manis saat Lebaran.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition