4 Tips tetap Segar Berpuasa Walau Lupa Sahur

4 Tips tetap Segar Berpuasa Walau Lupa Sahur

Ema Aprilisa
Thursday, 15 June 2017, 21:37:03 385 0 0
Lupa sahur? Ikuti tips ini agar tetap segar saat berpuasa (dok. unsplash)
Lupa sahur? Ikuti tips ini agar tetap segar saat berpuasa (dok. unsplash)

Lupa bangun untuk makan sahur? Jangan khawatir, kita tetap bisa berpuasa kok. Agar tetap segar dan kuat berpuasa walau melewatkan santap sahur, berikut ini cara-cara mudah yang bisa kamu praktekkan.

Beraktivitas Fisik

Agar lebih bersemangat, lakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar rumah atau sekolah. Cara ini dibuktikan melalui penelitian dari University of Georgia yang hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas fisik bisa membuat kita lebih bertenaga.

Ini terjadi karena aliran darah jadi lebih lancar. Selain itu, bergerak aktif akan mengaktifkan bagian otak yang memicu perasaan senang dan bersemangat. Jadi, daripada menyesali kealpaanmu untuk bersantap sahur, sebaiknya mulailah bergerak dan beraktivitas ya, Teens.

Berjemur atau Menyalakan Lampu

Sejumlah penelitian membuktikan kalau cahaya terang akan berperan sebagai sinyal alami bagi tubuh agar tetap segar dan tidak mengantuk. Hal ini terjadi karena tubuh kita memiliki jam biologis yang salah satunya dipengaruhi oleh cahaya.

Jadi, agar lebih semangat saat berpuasa, buka tirai atau jendela dan duduklah di tempat yang terkena sinar matahari. Atau jika tidak memungkinkan, nyalakan lampu yang cahayanya cukup terang.

Mandi Air Dingin

Jurnal Behavioral and Brain Function memuat hasil penelitian yang menyatakan bahwa mandi air dingin selama paling tidak tiga menit, mampu membuat kita lebih segar serta melawan rasa lemas.

Air dengan suhu kira-kira 20 derajat Celsius cukup untuk membuat badan dan pikiran jadi lebih segar. Jadi, jika mulai merasa lesu saat berpuasa, paling tidak basuhlah muka, tangan, dan kaki dengan air dingin agar kembali segar dan bersemangat meski tidak sahur.

Tidur Siang

Tidur yang efektif saat siang hari ternyata hanya cukup dilakukan selama 25 menit saja. Lebih dari itu, tubuh malah akan semakin lemas. Dengan tidur siang selama jeda waktu istirahat sekolah, kita bisa mengembalikan kesegaran tubuh sekaligus me-recharge tenaga agar kuat berpuasa sampai sore hari walau tidak sempat sahur.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition