Kuku Rapuh, Mudah Patah? Ini 4 Cara Agar Kuku Terlihat Lebih Sehat

Kuku Rapuh, Mudah Patah? Ini 4 Cara Agar Kuku Terlihat Lebih Sehat

Ema Aprilisa
Thursday, 15 June 2017, 16:10:29 516 0 0
Tips agar kuku sehat terjaga (dok. xfashionstyle.com)
Tips agar kuku sehat terjaga (dok. xfashionstyle.com)

Bermasalah dengan kuku yang rapuh, mudah patah, dan terlihat kusam? Itu tandanya kukumu nggak sehat, Teens. Kondisi ini bisa jadi karena kamu salah merawat kuku atau akibat kurang nutrisi tertentu dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal itu, berikut ini cara mudah mengembalikan kesehatan dan keindahan kukumu.

Hindari Penggunaan Aseton

Memakai aseton sebagai cairan penghapus kutek ternyata bisa berdampak buruk untuk kukumu, Teens. Zat tersebut terbukti bisa menyebabkan kuku menguning dan kusam. Selain itu, aseton yang terhirup dan meresam melalui pori-pori kulit juga berbahaya bagi kesehatan kita. Efek jangka pendeknya adalah menyebabkan sakit kepala, bahkan konon merupakan salah satu penyebab kanker.

Untuk menggantikan fungsi aseton untuk menghapus kutek, kita bisa menggunakan air lemon dan sari cuka apel. Selain lebih murah, bahan pembersih cat kuku alami ini juga dapat membuat kuku kita lebih kuat dan sehat berkilau.

Hindari memotong kutikula kuku

Ahli kulit dari Mount Sinai Medical Center di New York, Dana Stern menyatakan kalau memotong kutikula kuku atau lapisan kulit matu di ujung jari atau di bawah kuku adalah hal yang salah. Kebiasaan ini malah akan menyebabkan kuku mudah rapuh. Karena kutikula adalah lapisan kulit di pangkal tempat tumbuhnya kuku yang berfungsi sebagai penghalang alami tumbuhnya jamur dan bakteri.

Dengan memotong kutikula, kita sama saja dengan menghilangkan sistem perlindungan alami kuku sehingga bisa berdampak buruk seperti infeksi, bahkan kerusakan permanen pada kuku.

Menggunakan Produk yang Aman

Banyak produk untuk perawatan dan mempercantik kuku yang beredar di pasaran. Sayangnya, banyak produk-produk tersebut, misalnya cat kuku, yang mengandung bahan berbahaya. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan produk untuk kuku yang telah tersertifikasi atau brand dengan kredibilitas yang telah teruji ya, Teens.

Menggunakan Pelembab pada Kuku

Menggunakan pelembab kuku diklaim efektif untuk memperkuat lapisan kutikula, juga memastikan agar kuku kita ternutrisi. Oleh karena itu, jika punya kuku yang rapuh, gunakanlah pelembab pada permukaan kuku secara rutin. Cara ini akan mengurangi  retak-retak pada kuku, serta membuatnya terlihat sehat.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition