Ramadhan: 3 Buah Ini Baik Disantap Saat Berbuka Puasa

Ramadhan: 3 Buah Ini Baik Disantap Saat Berbuka Puasa

Ema Aprilisa
Thursday, 15 June 2017, 17:01:43 262 0 0
Buah-buahan ini baik untuk berbuka puasa (dok. Istimewa)
Buah-buahan ini baik untuk berbuka puasa (dok. Istimewa)

Selama bulan ramadhan, memilih makanan yang tepat untuk disantap saat berbuka puasa memang susah-susah gampang ya, Teens. Karena saat berpuasa, tubuh kita mengalami perubahan, termasuk untuk urusan metabolisme dan pencernaan. Salah pilih makanan saat berbuka, bisa dengan mudah membuat kita mengalami masalah pencernaan. Bukan hanya makanan berat atau cemilan, jenis buah yang bisa kita konsumsi saat berbuka pun juga perlu dipilih dengan hati-hati.

Berikut ini buah-buah yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa: 

Semangka

Semangka baik untuk berbuka puasa (dok. weheartit)
Semangka baik untuk berbuka puasa (dok. weheartit)

Selain kandungan airnya yang banyak, buah ini juga kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, semangka baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Tubuh kita yang kekurangan cairan setelah seharian berpuasa akan mendapatkan asupan cairan dan elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh dari buah semangka ini. Semangka juga termasuk jenis buah yang mudah dicerna sehingga tidak membebani pencernaan.

Apel

Apel baik untuk pencernaan (dok. freshplaza)
Apel baik untuk pencernaan (dok. freshplaza)

Jika dimakan saat berbuka puasa, apel dapat membantu mempersiapkan sistem pencernaan kita untuk menerima makanan yang lebih berat. Meski kandungan air pada apel tidak sebanyak semangka, tetapi apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga membantu gerak peristaltik saluran pencernaa. Bye bye, sembelit!

Anggur

Anggur bisa menambah energi (dok. livestrong)
Anggur bisa menambah energi (dok. livestrong)

Kandungan gula di buah anggur tentu berguna menambah energi kita dengan cepat setelah seharian berpuasa. Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna, serta mengandung Potasium yang membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, mengkonsumsi anggur dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes. Buat kamu yang punya masalah alergi, makan anggur akan membantu mengurangi tingkat keparahan alergi seperti hidung berair, mata merah, dan bersin-bersin. Antoksidan dalam bentuk polifenol di anggur juga dikenal sebagai zat anti kanker yang efektif.

Nah, buah-buahan tersebut sangat baik kalau kalian konsumsi saat berbuka puasa, Teens!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition