Gagal SBMPTN Bukan Akhir Dunia, Masih Ada 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Gagal SBMPTN Bukan Akhir Dunia, Masih Ada 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

trias ismi
Wednesday, 14 June 2017, 13:35:27 442 0 0
Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau hasil seleksi SBMPTN 2017 telah diumumkan (dok. istimewa)
Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau hasil seleksi SBMPTN 2017 telah diumumkan (dok. istimewa)

Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau hasil seleksi SBMPTN 2017 telah diumumkan pada Selasa, 13 Juni 2017 pada pukul 14.00 WIB.

Bagi kalian yang lulus SBMPTN pastinya saat ini sangat merasa bahagia dan juga bangga kan Teens? Bahkan, mungkin saja kalian saat ini sudah membayangkan tengah menjalani kuliah di universitas favorit kalian tersebut.

Namun, bagi kalian yang gagal SBMPTN, jangan dulu merasa bahwa ini adalah akhir dunia. Memang saat gagal kita akan merasa kecewa dan putus asa. Akan tetapi, kalian masih harus terus berjuang untuk menggapai cita-cita bukan?

Kalian masih muda Teens, jadi jangan pernah menyerah sebelum berjuang sekuat tenaga ya. Berikut ini 3 hal yang bisa kalian perjuangkan setelah gagal SBMPTN.

1. Coba ikuti seleksi mandiri untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri incaranmu

Gagal SBMPTN bukan berarti kesempatan untuk bisa masuk PTN sudah hilang begitu saja nih Teens. Masih ada satu kesempatan lagi yaitu lewat seleksi mandiri yang akan dilaksanakan oleh beberapa PTN.

Banyak sekali PTN di Indonesia yang akan membuat seleksi mandiri, jadi kesempatanmu untuk bisa berkuliah di PTN masih terbuka nih. Untuk jadwal seleksi ataupun informasi lainnya, kalian harus berusaha sendiri mencarinya ya. Rajinlah membuka website resmi PTN dan cari informasi mengenai syarat pendaftaran dan juga jadwalnya. Jangan sampai telat dan kesempatan ini kalian sia-siakan ya Teens.

2. Daftar di Perguruan Tinggi Swasta

Tidak diterima di PTN bukan berarti kalian nggak akan bisa merasakan bangku perkulian kok Teens. Kalian bisa mencoba untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Saat ini sudah banyak PTS yang memiliki akreditasi yang baik dan tentunya kualitas mereka juga nggak perlu diragukan lagi. Bahkan, nggak sedikit PTS yang sudah memiliki kualitas yang lebih unggul dari PTN lho.

Jadi, lebih baik kalian fokus mencari jurusan yang kalian rasa cocok dan pas buat kalian. Jika kalian memilih jurusan karena terpaksa, pastinya nanti saat menjalankan kuliah juga akan merasa tertekan dan sangat berat. Oleh karena itu lebih baik kalian mencari jurusan yang benar-benar kalian inginkan. Baik kuliah di PTN ataupun PTS, bukankah saat kuliah yang terpenting adalah kalian bisa mendapatkan ilmu dan juga mengembangkan diri?

3. Tetap semangat dan mencoba ikut SBMPTN lagi di tahun depan

Bagi kalian yang nggak mau masuk PTS dan tetep ngotot ingin masuk PTN incaran, maka kalian bisa tetap semangat dan mengikuti SBMPTN lagi di tahun depan. Kalian nggak perlu galau saat melihat teman-teman kaliah sudah mulai berkuliah duluan. Lebih baik kalian lebih fokus mempersiapkan SBMPTN untuk tahun depan daripada hanya galau melihat teman yang sudah berkuliah.

Ikuti bimbingan belajar untuk mempersiapkan SBMPTN agar kalian bisa sukses lulus tahun depan. Tak berkuliah bukan berarti kalian akan bersantai dan tak melakukan apapun. Gunakan waktu untuk belajar dan belajar agar bisa mendapatkan hasil memuaskan di tahun depan ya Teens.

Nggak lulus SBMPTN bukan berarti akhir dari semuanya kok Teens, jadi tetap semangat dan berjuang ya!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition