Ramadhan: Ini Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Ramadhan: Ini Cara Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Ema Aprilisa
Wednesday, 14 June 2017, 21:03:42 416 0 0
Walau puasa, tetap banyak minum agar tidak dehidrasi (dok. unsplash)
Walau puasa, tetap banyak minum agar tidak dehidrasi (dok. unsplash)

Di Indonesia, kita berpuasa selama lebih dari 12 jam sehari. Lamanya waktu tanpa mengonsumsi cairan tentu bisa membuat tubuh dehidrasi. Oleh sebab itu, kebutuhan cairan tubuh harus menjadi perhatian utama kita. Terutama dengan mengonsumsi air putih sekurang-kurangnya dua liter per hari. Takaran mudahnya adalah sekitar delapan gelas per hari.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari dehidrasi selama bulan puasa adalah dengan mengatur asupan air putih dengan pola 2-4-2. Dengan demikian, air tidak diminum sekaligus dalam satu waktu, namun dimulai dengan dua gelas saat sahur. Minumnya pun sebaiknya tidak bersamaan. Minumlah satu gelas air putih saat makan sahur, kemudian satu gelas lagi menjelang imsak.

Pada saat berbuka, setidaknya konsumsi dua gelas air putih. Dilanjutkan dua gelas lagi setelah shalat tarawih. Sebelum tidur, sempatkan lagi menenggak dua gelas air putih. Mengkonsumsi air putih sebelum tidur memang penting untuk membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh. Apalagi saat berpuasa, malam hari adalah waktu tubuh menyerap nutrisi yang kita makan saat berbuka.

Ingat juga Teens, minuman selain air putih tidak masuk hitungan alias tak bisa dianggap memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Beberapa jenis minuman seperti kopi, teh, dan minuman bersoda malah akan “menarik” cairan dari tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kandungan gula dalam minuman akan berpotensi bikin kita tambah gemuk. Jadi, jangan lupa membatasi asupan gula pasir sebanyak maksimal delapan sendok teh per hari atau setara dengan 40 gram. Puasa lancar, badan jadi lebih sehat.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition