Verruckt Water Slide: Seluncur Air Tertinggi di Dunia, Berani Mencobanya?

Verruckt Water Slide: Seluncur Air Tertinggi di Dunia, Berani Mencobanya?

Ema Aprilisa
Wednesday, 14 June 2017, 15:38:48 195 0 0
Verruckt Water Slide dibangun di Schiltterbahn Waterpark, Kansas, Amerika Serikat (dok. travelchannel.com)
Verruckt Water Slide dibangun di Schiltterbahn Waterpark, Kansas, Amerika Serikat (dok. travelchannel.com)

Verruckt Water Slide, tercatat sebagai seluncur air tertinggi di dunia versi Guiness World Records. Selain berenang, wahana seluncuran air pasti sayang untuk dilewatkan saat kita sedang berada di kolam renang. Layaknya roller coaster, semakin panjang dan tinggi lintasan tentunya semakin menarik karena dapat memacu adrenalin kita.

Wahana Verruckt Water Slide memiliki tinggi 51 meter atau setara dengan 17 lantai gedung ini dibangun di Schiltterbahn Waterpark, Kansas, Amerika Serikat.

Seluncur air tertinggi ini diberi nama Verruckt yang dalam bahasa Jerman berarti gila. Nama tersebut sesuai untuk mendeskripsikan sensasi yang ditawarkan. Bayangkan saja, kita akan meluncur dengan kecepatan mencapai 105 km/jam dari seluncuran yang tingginya melebihi patung Liberty dan air terjun Niagara ini.

Tak hanya kesiapan mental yang dibutuhkan, kebugaran fisik juga harus kita persiapkan sebelum merasakan meluncur dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kita juga harus menaiki sekitar 264 anak tangga untuk menuju ke puncak wahana.

Verruckt Water Slide di Schiltterbahn Waterpark, Kansas, Amerika Serikat. Berani mencobanya? (dok. Kansas City Star)
Verruckt Water Slide di Schiltterbahn Waterpark, Kansas, Amerika Serikat. Berani mencobanya? (dok. Kansas City Star)

Demi keselamatan sejumlah aturan pun ditetapkan. Seperti beban maksimal satu perahu karet adalah 250 kg dan masing-masing perahu hanya berkapasitas tiga orang. Setiap pengunjung yang naik juga harus memiliki tinggi badan minimal 130 cm. Ketika tiga orang sudah duduk di perahu karet dan memenuhi batas beban aman, susunan tempat duduknya juga tidak sembarangan.

Pengunjung dengan berat paling ringan harus duduk di tengah, sedangkan orang yang memiliki berat badan paling berat berada di depan. Peraturan ketat ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

Sepanjang lintasan water coaster Verruckt Water Slide dilengkapi jaring-jaring pengaman. Jeff Henry, selaku perancang wahana seluncuran ini menambahkan, jaring ini dipasangan dengan pertimbangan kerja gaya sentripetal. Saat sebuah benda meluncur dengan kecepatan tinggi, ada kemungkinan benda tersebut terhempas keluar dari lintasan.

Wahana ekstrim tersebut mulai dirancang pada November 2012 dan resmi dibuka pada 10 Juni 2014 lalu. Tak ayal, seluncuran super tinggi ini jadi favorit para pengunjung Schiltterbahn Waterpark. Tertarik mencobanya Verruckt Water Slide, Teens?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition