Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia: Grebek Syawal sampai Meriam Karbit!

Tradisi Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia: Grebek Syawal sampai Meriam Karbit!

Ema Aprilisa
Wednesday, 14 June 2017, 18:25:50 161 0 0
Di berbagai daerah di Indonesia ada tradisi Lebaran berbeda. Salah satunya Meriam Karbit di Pontianak (dok. Direktorat Jenderal Kebudayaan)
Di berbagai daerah di Indonesia ada tradisi Lebaran berbeda. Salah satunya Meriam Karbit di Pontianak (dok. Direktorat Jenderal Kebudayaan)

Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia tentu memiliki ciri khas yang berbeda dengan negara lain. Ada tradisi atau acara perayaan khusus yang unik dari setiap daerah di tanah air untuk menyambut hari raya umat muslim ini.

Festival Tumbilotohe, Gorontalo

Festival yang diadakan sebagai tradisi Lebaran di Gorontalo ini tak hanya unik, tapi juga indah. Sebabnya, pada malam takbir, orang-orang di Gorontalo akan menyalakan obor kecil berbahan bakar minyak tanah yang menerangi sepanjang jalan.

Awalnya, cara ini dilakukan untuk menerangi jalan agar warga desa yang daerahnya belum dialiri listrik dapat membagikan zakat dengan mudah. Walau banyak tempat yang sudah diterangi lampu listrik, tradisi ini tetap dilestarikan hingga kini.

Festival Meriam Karbit, Pontianak

Tradisi yang telah berlangsung sejak 200 tahun lalu ini, identik dengan penggunaan meriam yang terbuat dari bambu besar. Orang Pontianak, Kalimantan Barat biasa mengadakan festival meriam karbit ini di sepanjang Sungai Kapuas. Saat malam takbiran, mereka akan menyalakan meriam meriam besar sebagai tanda datangnya hari kemenangan.

Ronjok Sayak, Bengkulu

Masyarakan Bengkulu meyakini kalau api adalah penghubung antara manusia dengan leluhur. Kepercayaan itu adalah latar belakang tradisi Lebaran bernama Ronjok Sayak yang berarti bakar gunung api. Tradisi ini sudah dilakukan selama ratusan tahun oleh Suku Serawai.

Biasanya saat malam takbir, mereka akan menyusun batok kelapa menjulang tinggi di depan rumah mereka masing-masing, kemudian membakarnya sehingga terlihat seperti gunungan api.

Batobo, Riau

Tradisi ini merupakan acara penyambutan bagi orang Riau yang mudik ke kampung halamannya. Acara meriah, dengan iringan rebana bagi para perantau untuk menuju ke acara tempat buka bersama adalah inti dari tradisi ini. Batobo jadi ajang melepas rindu dan mempererat silahturahmi. Selain makan bersama, biasanya acara ini juga akan dilengkapi dengan pengajian.

Grebek Syawal, Yogyakarta

Usai Idul Fitri, kemeriahan Grebek Syawal berlangsung di Yogyakarta dan beberapa daerah lain di Jawa Tengah. Grebek Syawal adalah tradisi keraton untuk menyambut datangnya Idul Fitri setiap tanggal 1 Syawal.

Tradisi ini akan dimeriahkan dengan arak-arakan hasil bumi yang disusun berbentuk kerucut dan berukuran besar dari keraton menuju halaman Masjid Agung Kauman. Puncak acara Grebek Syawal adalah saat orang-orang memperebutkan "gunungan" atau hasil bumi tersebut.

Menarik ya Teens, tradisi Lebaran di berbagai daerah di Indonesia!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition