Jelang Lebaran, Ini Daftar Pengeluaran yang Harus Kamu Pikirkan dari Sekarang

Jelang Lebaran, Ini Daftar Pengeluaran yang Harus Kamu Pikirkan dari Sekarang

Clarissa Pangestu
Wednesday, 14 June 2017, 12:52:57 385 0 0
Sudah membuat daftar pengeluaran Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri? (dok. The Diplomat)
Sudah membuat daftar pengeluaran Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri? (dok. The Diplomat)

Tidak terasa ya, bulan puasa sudah memasuki minggu kedua dan hari kemenangan bagi para umat Muslim, Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri semakin dekat.

Eits, tapi tunggu dulu nih Teens, tentu setiap umat Muslim sudah sangat antusias menantikan datangnya hari Lebaran. Tapi sudahkah kamu mengingat ada beberapa list pengeluaran Lebaran yang harus mulai kamu pikirkan dari sekarang?

1. Zakat

Hukum zakat bagi para umat Muslim yang mampu adalah wajib. Sedangkan bagi para umat Muslim yang tidak mampu, maka tidak diwajibkan untuk memberikan zakat dan justru akan menerima zakat dari orang lain. Nah, waktu yang tepat bagi kalian untuk membayar zakat adalah sebelum sholat Idul Fitri. 

Zakat ini terdari dari beberapa jenis Teens, ada zakat fitrah, zakat maal, zakat profesi, dan masih ada lainnya. Jumlah yang dikeluarkan untuk masing-masing zakat itu pun tidak banyak, akan tetapi kalian harus menyisihkan uang (rezeki) kalian untuk memenuhi kewajiban ini ya.

2. Makanan dan minuman

Kata siapa makanan dan minuman bukan menjadi hal yang harus terlalu dipikirkan saat Lebaran? Pasalnya, kebiasaan orang-orang saat merayakan Lebaran adalah dengan membeli berbagai jenis makanan serta minuman dalam rangka menyambut kedatangan sanak saudara, tetangga, teman, atau tamu-tamu lainnya yang datang ke rumah saat Lebaran.

Nah, karena dianggap hanya membeli makanan-makanan kecil inilah, pengeluaran terhadap makanan dan minuman seringkali dilupakan oleh orang-orang sebagai salah satu pengeluaran yang harus dipikirkan secara matang dan mulai disisihkan dari sekarang. 

3. Baju baru

Salah satu tradisi atau kebiasaan yang sudah tidak asing lagi bagi para umat Muslim yang merayakan hari Lebaran adalah membeli baju baru untuk dipakai saat Hari Raya Idul Fitri. Padahal sebenarnya tidak ada kewajiban bagi siapapun untuk membeli baju baru saat Lebaran lho Teens. Tapi tentu saja kebanyakkan dari kalian akan memilih untuk membeli baju baru, bukan? 

Untuk itu, bagi kamu yang memang sudah pasti membeli baju baru untuk hari raya mendatang, kamu harus sudah mulai menyisihkan uang dari sekarang ya.

4. Mudik

Yup, untuk kalian para perantau atau yang memiliki kampung halaman maka biaya untuk mudik menjadi salah satu biaya wajib yang harus kalian persiapkan dari sekarang. Hal ini karena ongkos yang kamu butuhkan untuk mudik semakin mahal tiap tahunnya. Apalagi bagi kalian para deadliners yang memilih untuk pulang kampung di waktu-waktu menjelang Hari Raya Idul Fitri, maka kalian harus siap-siap berhadapan dengan harga tiket yang mahal.

Kalian pasti tidak mau kan batal pulang karena tidak ada ongkos untuk mudik? Nah, sisihkan uang dari sekarang ya untuk kebutuhan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, Teens.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition