Ramadhan: Kebiasaan Baik dan Sehat Selama Bulan Puasa

Ramadhan: Kebiasaan Baik dan Sehat Selama Bulan Puasa

Ema Aprilisa
Sunday, 18 June 2017, 17:30:00 574 0 0
Lakukan kebiasaan baik selama bulan ramadhan (dok. BBC)
Lakukan kebiasaan baik selama bulan ramadhan (dok. BBC)

Agar lancar menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan, kita harus rajin menjaga kesehatan. Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan selama bulan suci Ramadan, agar tetap bugar, bahkan makin sehat saat menjalankan puasa. Apa sajakah itu? Simak di sini ya Teens! 

 

Mengatur nutrisi saat sahur dan berbuka

Dua waktu bersantap saat bulan Ramadan ini penting kita perhatikan dengan mengkonsumsi makanan kaya protein seperti daging, kacang polong, telur, dan produk olahan susu. Makanan yang kaya protein tersebut akan membantumu untuk kenyang lebih lama dan membantu mempercepat regenerasi sel tubuh. Selain itu, jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat dan cairan. Kandungan vitamin dan mineral di kedua bahan makanan tersebut juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

Tetap berolahraga

Puasa bukan jadi alasan untuk melupakan kegiatan fisik yang penting untuk menjaga kesehatanmu, Teens. Agar tidak lemas dan dehidrasi, berolahraga lah sekitar satu jam sebelum berbuka puasa sehingga kamu bisa segera melepas dahaga saat berbuka.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Berpuasa juga bukan alasan mengurangi konsumsi air putih yang baik bagi tubuh. Untuk mengetahui apakah tubuhmu kekurangan cairan atau tidak, periksa warna urine saat buang air kecil. Semakin gelap warnanya, menunjukkan tubuhmu kekurangan cairan. Selain memperbanyak minum air putih, hindari mengonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi saat sahur karena kafein bisa memicu dehidrasi.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition