Mengapa Mie Instan Tidak Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Mengapa Mie Instan Tidak Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Ema Aprilisa
Thursday, 01 June 2017, 03:17:56 592 0 0
Hindari konsumsi mie instan setiap hari (dok. Lifehack)
Hindari konsumsi mie instan setiap hari (dok. Lifehack)

Sebagian besar orang suka makan mie instan, dari mulai produk lokal, hingga produk luar negeri yang kini makin mudah ditemui di supermarket-supermarket terdekat. Rasanya yang enak ditambah waktu masak yang singkat dan praktis, membuat mie instan jadi makanan pengganjal perut yang praktis saat kelaparan.

Walau demikian, kita tidak boleh mengonsumsinya mie instan secara berlebihan, ini alasanya.

Mengganggu Penyerapan Nutrisi

Rrutin mengonsumsi mie instan akan menghalangi terserapnya nutrisi penting seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, potassium, vitamin A, niacin dan vitamin C yang penting bagi tubuh. Hal ini bisa terjadi akibat kandungan bahan pengawet dan zat aditif kimia yang ada pada setiap bungkus mie instan.

Meningkatkan Resiko Obesitas

Mie instan sebenarnya juga termasuk junk food yang mengandung karbohidrat dalam jumlah besar dan minim vitamin, mineral, atau serat. Mie instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans, serta natrium yang tinggi sehingga meningkatkan retensi air dalam tubuh. Oleh karena itu, mie instan dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi berlebihan.

Mengacaukan Metabolisme Tubuh

Akumulasi pengawet, bahan-bahan kimia sinteitis dari konsumsi mie instan tidak dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Contohnya, tubuh kita membutuhkan waktu dua hari untuk mencerna zat kimia serupa lilin yang ditambahkan pada permukan mie agar tidak menempel.

Belum lagi efek dari bahan pengawet sintetis yang terdapat pada bumbu mie instan. Semua zat-zat tersebut dapat menjadi racun dalam tubuh jika terakumulasi dalam jumlah tinggi. Efek jangka pendek atau jangka panjang yang kita rasakan adalah terganggunya metabolisme tubuh.

Mengganggu Pencernaan

Gemar menjadikan mie instan sebagai menu sehari-hari dapat mengganggu sistem pencernaan kita. Pernah kan merasa perut begah, susah buang air besar, mual, atau rasa tak nyaman lain setelah mengonsumsi mie instan?

Hal ini terjadi karena kandungan karbohidrat, penyedap, dan pengawet dalam mie yang cukup tinggi. Kandungan pengawet yang pasti ada dalam makanan instan ini juga mampu mengikis dinding usus. Akibatnya, usus kita jadi semakin mudah terkena infeksi dan peradangan.

Sesekali makan mie instan memang boleh, tapi jangan terlalu sering ya, Teens.  Sebaiknya, lakukan juga cara pemasakan mie instan yang benar sesuai petunjuk di kemasan. Imbangi juga dengan makanan bernutrisi lain seperti sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat dan energi harianmu.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition