Sayuran Beku Lebih Baik dari Sayuran Segar?

Sayuran Beku Lebih Baik dari Sayuran Segar?

Ema Aprilisa
Friday, 19 May 2017, 13:29:53 369 0 0
Sayur beku lebih baik dari sayur segar? (dok. Cook For Your Life)
Sayur beku lebih baik dari sayur segar? (dok. Cook For Your Life)

Pembekuan termasuk salah satu metode pengawetan alami agar bahan makanan termasuk sayur-sayuran dan buah dapat bertahan lebih lama. Sayangnya, proses pengawetan ini dianggap mengubah kandungan atau nutrisi sayuran sehingga kurang baik dikonsumsi jika dibandingkan dengan sayuran segar.

Benarkah demikian?

Penelitian Membuktikan Sebaliknya

Meski sayuran beku kerap jadi pilihan kedua setelah sayuran segar karena kandungan nutrisinya yang dianggap berkurang, faktanya tidak selalu demikian. Penelitan dari University of Georgia, menyatakan bahwa baik sayuran beku maupun sayuran segar sama-sama memiliki kemampuan untuk mempertahankan kandungan nutrisinya.

Dari delapan jenis buah dan sayuran yang diteliti yakni brokoli, kembang kol, jagung, kacang polong, kacang hijau, bayam, blueberry, dan stroberi yang diberi perlakukan penyimpanan berbeda, peneliti tidak menemukan adanya perbedaan yang signifikan terutama dalam kandungan vitamin C, provitamin A, dan folat.

Menariknya lagi, sayuran beku malah cenderung lebih mampu mempertahankan nutrisi daripada penyimpanan biasa. Pembekuan dapat menekan laju produksi enzim alami pada sayuran yang bisa menyebabkan kerusakan kandungan nutrisinya.

Oleh karena itu, pembekuan sayur dan buah adalah cara yang disarankan jika kita tidak segera mengolahnya tanpa khawatir lagi kandungan nutrisinya akan berkurang.

Penelitian lain dari Leatherhead Food Research dan University of Chester, juga sepakat kalau sayur beku sama baiknya dengan sayuran segar untuk dikonsumsi. Berdasarkan penelitian tersebut, sayuran segar yang disimpan lama di dalam lemari es akan kehilangan nutrisinya, tetapi tak demikian dengan sayuran yang langsung dibekukan ketika dipanen sehingga nutrisinya tetap tinggi. Jadi kita tidak perlu lagi khawatir untuk menjadikan sayuran beku sebagai alternatif memenuhi serat harian dan nutrisi sehari-hari.

Cara Membekukan Sayur yang Benar

Hal yang perlu kita perhatikan jika ingin membekukan sayuran adalah dengan memilih sayur yang benar-benar dalam kondisi bagus, optimum, dan berkualitas. Kemudian sebelum dibekukan, kita bisa mencelupkannya pada air mendidih atau mengukusnya sebentar untuk menghilangkan bakteri.

Pada beberapa sayuran seperti bayam, langkah ini bertujuan untuk menghancurkan dinding sel dan membuat antioksidan di dalamnya lebih mudah diakses oleh tubuh saat diolah.

Waktu penyimpanan yang disarankan untuk sayuran beku berkisar antara 3 hingga 6 bulan. Selain itu, pengolahan yang tepat juga perlu kita perhatikan agar nutrisi pada sayuran tetap terjaga. Untuk sayuran beku, lebih baik kita segera mengolahnya secara menyeluruh.

Hindari membekukan kembali sisa sayuran beku yang sudah berada pada suhu ruang, karena cara ini membuat tekstur sayuran tidak bagus, juga akan mengurangi kandungan nutisinya.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition