Tips: Kata Siapa Remaja Nggak Bisa Kontrol Pengeluaran?

Tips: Kata Siapa Remaja Nggak Bisa Kontrol Pengeluaran?

trias ismi
Tuesday, 16 May 2017, 19:01:22 1710 0
Remaja pun bisa kontrol keuangan dengan tips ini (dok. unsplash)
Remaja pun bisa kontrol keuangan dengan tips ini (dok. unsplash)

Teens, ini dia salah satu tips yang sangat dibutuhkan oleh anak remaja. Yup, tips soal keuangan! Banyak yang bilang bahwa saat remaja kita hanya tahu bersenang-senang saja. Meski masih memiliki tanggung jawab untuk menuntut ilmu, tapi tak sedikit remaja yang juga suka jalan-jalan dan menghabiskan uang saku.

Padahal, saat remaja kita harusnya bisa mencoba hidup lebih hemat dan tentunya harus mulai belajar untuk mengontrol pengeluaran kita sehari-hari. Sebab, selangkah lagi kita akan menuju kehidupan orang dewasa yang selalu dituntut untuk bisa mandiri.

Daripada kalian kaget saat harus hidup mandiri, yuk mulai biasakan untuk hidup lebih hemat mulai remaja ya Teens. Caranya juga sangat mudah kok, coba deh kalian ikuti tips-tips berikut ini ya.

Bawa bekal makanan dan minuman sendiri saat ke sekolah

Jika ingin uang saku tidak cepat habis, maka tips ini harus kalian lakukan nih Teens. Membawa bekal makanan dan minuan ke sekolah tentunya akan sangat membantu kalian dalam proses penghematan. Uang jatah untuk membeli makan dan minum bisa kalian tabung nih. Bahkan, saat membawa makanan sendiri dari rumah juga bisa membuat kalian memilih menu makanan yang lebih sehat lho, cocok banget kan buat kalian yang sedang berjuang untuk diet.

Menyimpan uang receh

Bagi kalian yang selama ini suka menyia-nyiakan uang receh, coba deh ubah rubah kebiasaan tersebut. Sebab, uang receh juga tetap saja uang yang bernilai dan saat kita tabung nilainya pun bisa betambah banyak. Jadi mulai sekarang yuk biasakan diri untuk menabung uang receh karena pastinya akan berguna suatu saat nanti.

Jika ingin beli sesuatu, lakukan riset terlebih dahulu

Namanya remaja, pastinya memiliki keinginan untuk membeli barang-barang yang lucu kan Teens. Mulai dari pakaian, peralatan sekolah hingga aksesoris yang lucu selalu menghantui dan menyuruh kita untuk membelinya. Nah, jika keinginan kalian sudah sangatlah besar maka kalian jangan terburu-buru untuk langsung membelinya ya Teens. Lebih baik kalian riset harganya terlebih dahulu dan bandingkan dengan toko-toko yang lain ya.  

Coba gunakan fasilitas yang gratis

Salah satu fasilitias gratis yang bisa kita gunakan dengan sebaik mungkin adalah wifi. Saat ini kuota internet telah menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi oleh setiap remaja. Tanpa kuota rasanya hidup akan menjadi hampa karena smartphone nggak akan berguna. Jika kalian berniat untuk hemat, maka cara pertama adalah tidak terlalu berlebihan menghabiskan kuota internet. Jika kuota internet hanya digunakan untuk mengirim chat atau membuka medsos seperlunya mungkin hal itu masih wajar. Tapi jika kalian gunakan kuota hanya untuk streaming atau download drama Korea maka lebih baik carilah wifi gratisan ya Teens.

Jangan mudah lapar mata serta ketahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Ini dia penyebab terbesar seorang remaja boros! Yups, lapar mata dan nggak bisa bedain antara kebutuhan dan keinginan. Jika ingin belajar mandiri sejak saat ini, kalian harus pintar-pintar membedakan barang yang kalian butuhkan atau hanya yang dinginkan saja nih Teens. Nggak hanya remaja, banyak juga kok orang dewasa yang mengalami kegagalan dalam pengaturan uang hanya karena belum bisa membedakan barang kebutuhan dengan keinginan saja. Jadi jika kalian ingin menjadi orang dewasa yang sukses dalam mengatur uang di masa depan, yuk biasakan membeli barang yang dibutuhkan saja. Sedangkan barang keinginan masih bisa ditunda kok Teens. 

Nah, agar jadi remaja yang pintar mengatur keuangan, coba tips diatas ya! 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-