Insomnia: Atasi Gangguan Tidur Insomnia dengan 4 Cara Ini

Insomnia: Atasi Gangguan Tidur Insomnia dengan 4 Cara Ini

Ema Aprilisa
Wednesday, 10 May 2017, 19:11:17 2440 0
Apakah kamu mengalami gangguan tidur insomnia Teens? (dok. National Film Board)
Apakah kamu mengalami gangguan tidur insomnia Teens? (dok. National Film Board)

Insomnia atau ketidakmampuan seseorang untuk tidur selama periode yang seharusnya saat orang-orang biasa terlelap di malam hari, memang merupakan gangguan tidur yang bisa dialami siapa saja.

Masalah fisik atau tekanan psikologis merupakan faktor yang sering jadi penyebab utama kita sulit tidur. Buat kamu yang akhir-akhir ini terganggu karena insomnia, metode berikut ini bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Mulai Tidur Teratur

Insomnia bisa tiba-tiba terjadi pada kita karena pada beberapa waktu terakhir ini kita terbiasa tidur larut atau malah tidak teratur sehingga mempengaruhi jam biologis tidur. Pola tidur yang berantakan ini harus mulai diatur kembali.

Meski tidak mudah, yuk biasakan tidur dan bangun pada jam yang sama selama beberapa hari. Jika kita disiplin melakukannya, gangguan sulit tidur bisa teratasi dengan mudah.

Menciptakan Suasana Kamar yang Tenang

Susana yang tenang adalah salah satu kunci agar kita mudah terlelap. Kamar yang bersih, cahaya redup, atau tidur dalam keadaan gelap akan membantu tubuh kita merasa nyaman. Dalam keadaan gelap dan pikiran tenang, sekresi hormon melatonin atau hormon tubuh yang salah satu fungsinya mengendalikan jam tidur kita jadi lebih optimal.

Jika hormon yang hanya diproduksi pada malam hari ini meningkat, maka regulasi tubuh kita jadi semakin seimbang termasuk waktu tidur kita.

Hindari Memikirkan Banyak Hal

Tubuh sudah rebahan di kasur, tapi tetap saja kita guling-guling dan mata tidak terpejam juga. Ini bisa terjadi karena pikiran kita belum tennag. Oleh karena itu, sebelum tidur sebaiknya jangan membebani pikiran dengan banyak hal yang belum kita selesaikan, termasuk terus melihat jam dan memaksa diri untuk tertidur.

Meski sepele, hal ini ini akan menyebabkan stress sehingga membuat kita semakin sulit tidur dan insomnia pun nggak hilang.

Mandi dan Minum Air Hangat

Salah satu cara membuat tubuh lebih rileks dan mengedurkan otot yang kaku adalah dengan mandi air hangat. Untuk mengatasi insomnia, mandi air hangat 30 menit sebelum tidur, terbukti cukup ampuh untuk mengundang rasa kantuk. Selain itu, air hangat juga butuh dikonsumsi sebelum tidur.

Minuman berkafein seperti teh ataupun kopi harus kita hindari selama beberapa jam sebelum tidur, agar tidak terjaga lebih lama pada malam hari. Sebagai gantinya, kita bisa mengkonsumsi minuman hangat yang memberikan efek menenangkan seperti susu atau coklat hangat.

Kalsium yang cukup tinggi dalam susu mampu meredakan stress dan membuat tubuh lebih rileks sehingga meningkatkan jumlah produksi hormon melatonin. Selain itu, beberapa zat aktif pada coklat efektif memicu pengeluaran hormon serotonin atau hormon bahagia pada otak kita.

Semoga dengan cara-cara ini, insomnia kalian bisa teratasi ya Teens!

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-