Mie Instan Pertama di Dunia, Ternyata Begini Sejarahnya...

Mie Instan Pertama di Dunia, Ternyata Begini Sejarahnya...

alif hudanto
Monday, 27 March 2017, 14:32:33 582 0 0
food.ndtv.com
food.ndtv.com

Siapa yang tidak kenal mie instan. Makanan instan ini sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari. Indomie menjadi pelopor mie instan di Indonesia. Tapi sebenarnya, mie instan pertama kali dibuat di Jepang.

Dikutip dari cupnoodles-muesum.jp, pencipta ramen instan pertama di Jepang adalah Momofuku Ando. Tahun 1958 di gubuk kecil belakang rumahnya, ia mulai menciptakan ramen yang cepat saji hanya dengan menambahkan air panas.

Momofuku hanya tidur 4 jam semalam tanpa istirahat siang harinya. Produk pertamanya diberi nama Chicken Ramen setelah banyak sekali eksperimen. Chicken ramen mendapat julukan ramen ajaib dan populer saat itu.

Tiga belas tahun kemudian, tepatnyat tahun 1971, Momofuku melakukan perjalanan ke Amerika dan menemukan para manajer supermarket menaruh Chicken Ramen dalam sebuah mangkuk, kemudian disiram dengan air panas, dan memakan ramen dengan garpu.

Melihat perilaku tersebut, Momofuku segera memberikan konsep baru agar ramen instan-nya dapat diterima kalangan global. Maka muncul lah ide inovatif, yaitu Cup Noodles yang dikemas dalam sebuah mangkuk dan dilengkapi dengan garpu.

Inovasi selanjutnya dari Momofuku adalah menciptakan ramen yang bisa dimakan di luar angkasa. Produk ini diberi nama Space Ramen. Dengan menerapkan berbagai teknik makan di lingkungan tanpa gravitasi, Space Ramen dibuat dengan metode minyak panas yang mudah mengering. Metode tersebut diciptakan tahun 1958.

Dilansir dari spacedaily.com, produk Space Ramen dibawa dalam perjalan ke luar angkasa oleh astronot Jepang, Soichi Noguchi menggunakan pesawat milik Amerika Serikat, Discovery. Berbeda dengan makanan luar angkasa lainnya yang harus dimakan melalui sedotan, Space Ramen dapat dimakan seperti biasa saat di luar angkasa.

Kuahnya cukup kental sehingga tidak tumpah dan bola mienya akan tetap pada bentuk bola setelah dipanaskan. Space Ramen hanya perlu dipanaskan menggunakan air bersuhu 70 derajat celcius. Air mendidih tidak digunakan di luar angkasa.

Momofuku Ando wafat pada tahun 2007 di umur 97 tahun. Ia adalah pendiri Nissin Food Products dan The Ando Foundation. Ia juga pernah menjabat sebagai kepala Asosiasi Industri Makanan Instan Jepang dan Asosiasi Mie Instan Dunia.

Untuk mengenang  Momofuku Ando, sebuah museum mie instan dibangun di Jepang, tepatnya di  2-3-4 Shinko, Naka-ku, Yokohama. Dalam museum ini dipamerkan sejarah mie instan sejak 1958 sampai sekarang.

Dalam museum tersebut, terdapat satu ruangan khusus bernama Creative Thinking Boxes. Dalam ruangan tersebut pemikiran-pemikiran Momofuku Ando ditampilkan dalam berbagai display. 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition