Waspadai Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Hujan

Ema Aprilisa
Thursday, 12 January 2017, 11:05:02 223 0 0

Perubahan suhu mendadak dari panas menjadi dingin, kondisi lingkungan yang lembab, serta rendahnya tekanan udara saat musim hujan merupakan hal-hal yang dapat memicu penurunan daya tahan tubuh.  Akibatnya, tidak sedikit dari kita yang jatuh sakit jika musim ini tiba. Oleh karena itu, kamu harus pandai-pandai menjaga kondisi tubuh. Waspadai beberapa penyakit yang kerap menyerang saat musim hujan berikut ini.

Influenza

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini sepertinya sudah akrab diderita terutama saat daya tahan tubuh menurun. Selain itu, dinginya suhu udara saat musim hujan akan mendukung virus influenza untuk lebih mudah menyebar lewat saluran pernafasan. Batuk, pilek, menggigil, sakit kepala, bersin ataupun hidung tersumbat merupakan ciri-ciri jika kamu terkena flu.

Diare

Diare merupakan gangguan saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri sehingga membuat tinja menjadi cair, berlendir, dan usus terus berkontraksi. Frekuensi buang air besar yang meningkat saat diare, dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh. Pada saat musim hujan, lingkungan yang basah atau lembab menjadi media pendukung bakteri penyebab diare untuk lebih cepat menyebar.  Selain itu, faktor kebersihan air yang terabaikan saat banjir yang kemungkinan terjadi saat musim hujan juga turut berperan besar pada masuknya bakteri masuk ke saluran pencernaan.

Demam Berdarah

Genangan air merupakan tempat yang nyaman bagi nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Meningkatnya populasi nyamuk yang berperan sebagai vektor virus dengue, penyebab demam berdarah ini akan membuat penderita deman berdarah meningkat setiap kali musim hujan tiba. Gejala demam berdarah diantaranya adalah demam tinggi disertai sakit kepala, nyeri sendi, otot, dan tulang, serta nyeri di bagian belakang mata.

Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Leptospira yang ada pada kencing tikus, musang, kelelawar, rubah, kerbau, sapi atau binatang lainnya. Bakteri tersebut dapat masuk pada tubuh kita melalui selaput lendir, dan luka terbuka yang kontak dengan air atau tanah yang terkontaminasi bakteri. Leptospirosis ringan biasanya ditandai dengan gejala demam, sakit kepala, nyeri otot terutama pada otot betis dan paha, dapat disertai dengan mual dan muntah.

Tifus

Penyakit akibat infeksi bakteri Salmonella typhi ini banyak menyerang saat musim hujan karena sanitasi yang buruk. Makanan dan minuman yang tidak higienis adalah media utama masuknya bakteri dalam tubuh. Tifus menyebabkan tubuh demam tinggi, diare, sakit perut sakit kepala, hingga melemahnya denyut nadi.

Waspada ya, Teens!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition