Mulai Dari kerusakan Gigi Hingga Nafas Bau, Ini Akibatnya Jika Kalian Jarang Ganti Sikat Gigi!

trias ismi
Wednesday, 11 January 2017, 21:05:23 199 0 0

Siapa yang suka lupa mengganti sikat gigi nih Teens? Mulai sekarang jangan lagi sepelekan untuk mengganti sikat gigi ya. Saat sikat gigi tak digantikan untuk waktu yang lama, akan muncul banyak bakteri yang bisa membahayakan kesehatan mulut kita lho.

Menurut New York State Dental Journal, sebanyak 7 dari 10 sikat gigi pasti terinfeksi bakteri jahat. Memang terdengar cukup menakutkan, tapi kalian bisa selalu menjaga kebersihan sikat gigi agar bakteri tak tertinggal di sana.

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti sikat gigi setiap tiga sampai empat bulan sekali.

Jika kalian masih saja menggunakan sikat gigi yang sama meskipun telah digunakan selama beberapa bulan, maka jangan kaget jika kalian terkena beberapa masalah seperti berikut ini:

Terjadi Kerusakan Gusi

Bulu sikat gigi yang sudah terlalu lama dipakai, bentuknya akan berjumbai dan tidak beraturan. Bulu sikat yang seperti itu saat dipakai untuk menyikat gigi bisa membuat gusi kalian cidera. Apalagi jika kalian menyikatnya terlalu keras, maka gusi bisa berdarah hingga infeksi. Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat lembut agar tak mudah mencederai gusi kalian.

Mudah Terkena Penyakit

Virus flu dan virus lain umumnya berada di tempat yang lembab seperti kamar mandi. Jadi tak bisa dihindari lagi jika virus-virus itu juga menempel di sikat gigi kalian. Apalagi jika kalian pernah menggunakan sikat gigi saat habis muntah, maka bisa saja virus-virus itu masih saja menempel di sikat gigi dan membuat kalian mudah sakit seperti terkena flu.

Sikat gigi yang biasanya kita simpan di dalam kamar mandi bisa juga terkena bakteri karena cipratan air dari closet. Jadi untuk meminimalisir penyebaran bakteri pada sikat gigi kita, cobalah untuk menutup closet sebelum menyiramnya.

Nafas Akan Menjadi Bau

Menggosok gigi dengan sikat gigi yang kotor dan telah terinfeksi bakteri dan virus tak akan membuat gigi dan mulut bersih. Malahan akan membuat gigi dan mulut kita semakin kotor. Saat mulut kita tak bersih, maka bau mulut tak akan bisa dihindari.

Cobalah untuk menyimpan sikat gigi secara tegak dan setelah dipakai cepatlah keringkan sikat giginya. Saat menaruh sikat gigi kalian di sebuah cangkir, jauhkan kepala sikat dari sikat gigi lain untuk mencegah kontaminasi.

Nah sekarang sudah tahu kan pentingnya mengganti sikat gigi saat sudah digunakan selama 3 bulan. Yuk segera ganti sikat gigimu secara teratur ya mulai sekarang.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition