Katakan Selamat Tinggal untuk Insomnia!

Katakan Selamat Tinggal untuk Insomnia!

chelsea rinanto
Tuesday, 14 June 2016, 10:49:59 2623 1

Susah tidur memang seringkali membuat kita merasa tidak nyaman bahkan tersiksa.

Nah, jangan sepelekan kondisi susah tidur ya, karena jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan insomnia akut. Kalau sudah begini bisa-bisa terapis yang turun tangan. Tentunya nggak mau kan?

Insomnia bisa disebabkan oleh stres yang berlebihan, depresi, efek samping obat, pola makan yang buruk, pengaruh nikotin, kafein dan alkohol. Kurang berolahraga juga bisa menjadi faktor sulit tidur yang signifikan.

Berikut ada beberapa tips yang bisa membuatmu lebih mudah tidur dengan nyenyak.

Biasakanlah disiplin melatih kebiasaan  tidur dengan baik dan teratur. Usahakan jangan tidur larut malam diatas jam sepuluh agar kalian bisa bangun pagi dengan keadaan fit dan bugar

Rajin olahraga ternyata mampu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Karena rajin olahraga juga dapat menghilangkan stres sehingga meningkatkan lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak.

Minumlah segelas susu hangat atau air putih untuk menenangkan dan menghangatkan tubuh. Karena banyak manfaatnya untuk tubuh mulai dari detoksifikasi, menurunkan berat badan buat yang diet dan juga membuat kamu bisa bangun lebih segar di pagi hari.

Membaca buku sebelum tidur. Meskipun sudah jarang dilakukan tetapi membaca buku merupakan hal positif yang cocok dikembangkan buat yang punya masalah susah tidur. Nggak ada salahnya loh guys membaca buku cerita sebelum tidur karena selain membuat lebih mudah mengantuk, juga meningkatkan kecerdasan otak.

Mematikan lampu sebelum tidur. Hal ini bermanfaat meningkatkan hormon melatonin yang menyebabkan kita menjadi merasa mengantuk, sehingga  hormon ini memberi sinyal positif bagi tubuh untuk segera mengistirahatkannya. Banyak sekali manfaat tidur dengan lampu dimatikan dari segi kesehatan. Untuk kalian yang takut gelap, bisa mengatur atau meredupkan lampu saat tidur.

Mendengarkan musik. Cara ini juga efektif membuat kita merasa mengantuk dan bisa menjernihkan pikiran sehingga bisa tidur dengan nyenyak dan bahagia. Tetapi jangan asal pilih lagu ya guys. Usahakan agar tidak memilih lagu yang terlalu keras seperti genre rock atau heavy metal. Alih-alih bisa tidur malah tambah pusing jadinya hehehe. Jangan juga pilih lagu yang membuat perasaan kamu sedih dan mengingat hal-hal yang tidak kamu suka. Karena akhirnya bakal susah tidur kalau perasaan galau merana. Coba pilih lagu yang lembut seperti musik keroncong atau instrumen klasik.

Aromaterapi juga membantu bagi yang susah tidur. Sebaiknya pilih aroma terapi jenis burning oil dengan aroma rempah (cengkeh) atau bunga (melati, lavender, mawar). Nggak cuma buat yang insomnia, tetapi bagi yang ingin merasakan tidur dengan sensasi berbeda, bisa dicoba nih. Tapi ingat, karena berhubungan sama api, pilihlah tempat yang aman untuk meletakkan arometrapinya ya.

Cuci muka, tangan, kaki sebelum tidur. Sepele sebenarnya. Eits, tapi kalo kamu kelupaan hal ini bisa-bisa bikin tidur jadi nggak nyaman. Nah, walaupun hal kecil, don't forget it guys.

Berdoa. Yap, orang yang susah tidur nggak jarang karena jiwa merasa gelisah dan tidak tenang, dan seringkali terjaga karena mimpi buruk. Nah jangan lupa berdoa sebelum tidur kalau nggak pengen insomnia gara-gara nightmare.

Nah bisa kalian coba nih tips-tips di atas. So you can have a good sleep and brighter day.

Let's say goodbye insomnia, goodbye panda eyes!

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-