Suka BTS? Ini "Kurikulum" yang Wajib Banget Dipelajari oleh Para New ARMY!

Suka BTS? Ini "Kurikulum" yang Wajib Banget Dipelajari oleh Para New ARMY!

Siska Dinata
Friday, 02 December 2016, 11:40:43 3319 1 2

Bangtan Boys atau BTS sebuah group asal Korea Selatan ini memang tengah di puncak popularitas. Ketenaran BTS semakin menambah jumlah ARMY (Adorable Representative MC for Youth) atau sebutan bagi para fans BTS.

Bisa dibilang era album "HYYH" atau "The Most Beautifull Moment in Life" merupakan masa keemasan BTS baik dari prestasi ataupun dalam lahan panen ARMY baru. Buat kamu yang baru suka BTS akhir-akhir ini pasti kamu kadang suka nggak ngerti atau roaming deh kalau lagi ngobrol sama ARMY lawas dimana mereka sering banget bilang "no jam", "I hate snakeu'", "I'm very loser", "dirty water" atau siapa sih itu "chim chim", "kuda", atau "hidden SNSD member" di BTS.

Eits nggak usah kecil hati kalau roaming gabung sama ARMY lawas dan jadi nggak nyaman terus nggak jadi ARMY, jangan dong!

BTS yang debut sejak 13 Juni 2013 dan sudah mencapai usia 3 tahun ini memang banyak bangeeeeet PR yang harus kamu pelajari kalau mau kenal banget BTS. Bisa dibilang BTS ini jadi salah satu grup idol yang paling aktif ngasih bahan fangirling buat ARMY. Bayangin aja deh dari awal debut, mereka sering banget ngetweet dimana sehari bisa lebih dari dua tweet sesuai dengan jumlah hari sejak 3,5 tahun belakangan ini.

Ditambah dengan seringnya rilis bomb atau video-video singkat dari BTS. Jumlah bomb sendiri sampai hari ini sudah mencapai 335 episode. Ini hitungan pasca artikel ini ditulis ya, mungkin bisa nambah lagi. Ini baru bomb doang ya belum yang lain, save my hardisk.

Tapi tenang aja nih, sebagai ARMY lawas aku akan ngasih tau tips cepat mengenal bangtan untuk para ARMY yang baru gabung dalam bentuk "kurikulum wajib" yang harus dipelajari. Nggak hanya ARMY baru aja, tapi yang sudah jadi ARMY tapi masih ngerasa belum kenal BTS boleh deh ikut "kurikulum" ini juga. Lantas apa saja "kurikulum" yang harus dipelajari, check this out!

1. Kurikulum 1- Rookie King atau Channel Bangtan

Kurikulum 1 yang wajib dipelajari yaitu variety show pertama mereka di stasiun TV SBS MTV yaitu Rookie King atau Channel Bangtan. Variety show yang tayang pertama kali pada September 2013 ini mempunyai konsep dimana BTS punya stasiun TV sendiri yang dinamai Channel Bangtan.

Nah tentu saja setiap stasiun TV pasti punya banyak program dan BTS sendiri yang akan langsung mengisi program di stasiun TV-nya sendiri. Programnya ada banyak mulai dari parodi acara berita, parodi master chef, acara olahraga bahkan ada iklan segala loh! Nah, kenapa Rookie King jadi kurikulum pertama, karena Rookie King ini akan banyak ngasih kamu pengetahuan tentang member Bangtan. Misalnya aja nih masih ada yang belum hafal nama mereka dan muka mereka, nonton aja Rookie King ini. Dan tentu saja program ini dijamin bikin ketawa ngakak ngeliat 'kegilaan' para member BTS. 

2. Kurikulum 2- BANGTAN BOMB 

Kurikulum no 2 yaitu Bangtan Bomb! Bangtan Bomb sendiri bisa dibilang merupakan produk original dari agensi BTS yaitu BIG HIT ENTERTAINMENT yang berisi video-video pendek tentang keseharian para member bangtan baik itu ketika ada event musik, di backstage atau ketika sedang latihan dan tentu saja bukan BTS kalau nggak bisa bikin kamu ketawa. Kehidupan sehari-harinya aja "gila" gitu jadi kebayang lah serunya gimana.

Bangtan Bomb sendiri berdurasi sekitar 3-8 menit per episode dan malah ada yang cuma 8 detik. Ya kamu nggak salah baca kok emang beneran 8 detik. Isi videonya cuma V bilang hi sebanyak 3 kali udah kelar.  Ya bayangkan aja lah kayak gimana hahaha! Bangtan Bomb sendiri tayang pada 19 Juni 2013 dengan judul "VJ Jungkook."

3. Kurikulum 3- BTS Episode

Hampir sama dengan Bangtan Bomb yang berisi video keseharian BTS, cuma yang membedakan durasi BTS Episode lebih panjang dari Bangtan Bomb dan hanya menampilkan momen-momen penting untuk BTS seperti ketika pertama kali menang awards,ketika kuki pertama kali masuk SMA atau ketika syuting video klip.

Jadi nggak akan nemu deh yang cuma hi hi hi doang dengan durasi 8 detik. BTS Episode sendiri tayang pertama kali tanggal 12 Juni 2013 atau sehari sebelum mereka debut dengan judul "2 Cool 4 Skool debut single jacket photo shooting".

4. Kurikulum 4 - American Hustle Life

Nah kalau sudah mempelajari kurikulum 1-3, lanjut deh ke kurikulum 4 yaitu variety show BTS kedua di stasiun TV yang tayang di MNET berjudul American Hustle Life. Variety show ini berisi tentang bagaimana perjalanan BTS ke Amerika untuk belajar musik Hip Hop.

Di sana mereka belajar bersama musisi-musisi terkenal dari Amerika seperti Warren G dan Coolio. Di acara ini juga BTS diculik oleh gangster! Penasaran kenapa mereka bisa diculik? Langsung aja deh nonton ya! Kamu bisa liat episode American Hustle Life di SINI

 5. Kurikulum 5 - Bangtan Log

Berbeda dengan kurikulum 1-4 yang isinya bahan ketawa, kalau Bangtan Log ini bisa dibilang agak serius nih (ya emang aneh sih kalau BTS serius). Bangtan Log ini berisi tentang video-video 'curhat' para member di depan video secara close up ya close up, jadi bayangin aja kaya curhat sama pacar via video.

Nah walaupun agak serius tapi wajib banget di tonton karena kamu bisa mengenal para member dan perjuangan para member BTS. Bangtan Log sendiri tayang pertama kali pada 07 Januari 2013 atau 6 bulan sebelum debut dengan Rap Monster Log.

6. BTS (COOL) FM 06.13

BTS (COOL) FM 06.13 merupakan sebuah program yang berkonsep ala-ala Radio, yang dipandu oleh DJ Radio Suga Suga Syub D. Seperti layaknya Radio, akan ada bincang-bincang tamu, terus play lagu bahkan ada iklan -_- Ya suka suka mereka aja lah ya.

BTS (COOL) FM 06.13 ini bisa dibilang sebagai radio yang siaran tiap event penting aja, seperti perayaan 100 hari debut, Natal dan ulang tahun BTS. BTS (COOL) FM 06.13 tayang pertama kali pada 13 September 2013 untuk perayaan 100 hari debut. 

7. KURIKULUM 7 - BTS V APP

Nah terakhir yang merupakan kurikulum wajib yaitu acara-acara di V App. Pasca Big Hit merilis video-video mereka di YouTube, BTS mulai merambah ke aplikasi video bernama V App dan menjadi artis korea pertama di V App. Bisa dibilang dengan adanya V App semakin mendekatkan BTS dengan ARMY dan semakin menghabiskan kuota ARMY karena dengan mudahnya mengakses hanya dari handphone.

Di V App sendiri selain video-video layaknya Bangtan Log dan keseharian mereka, ada juga acara variety show nya yaitu BTS RUN yang merupakan variety berisi misi-misi ala Running Man, dan Bangtan Gayo yang berisi kuis - kuis bertema lagu dan musik. Nggak ketinggalan ada juga acara countdown perilisan album dan Bangtan Voyage yang menceritakan perjalan mereka ke Eropa pertengahan tahun 2016.

BTS di V App tayang pertama kali pada 15 Juli 2015 yang berisi teaser berjudul BTS  V app Preview & BTS V app Self CF (32' ver.). Kamu bisa mendownload aplikasi V App di handphone atau bisa di web V App sendiri di vlive.tv.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kamu tonton, namun kamu bisa semakin mengenal BTS dengan ketujuh kurikulum tersebut. Nah jika kamu sudah tamat dengan ketujuh kurikulum tersebut bisa dilanjut dengan video-video mereka di Backstage Music Show yang dirilis oleh program musik seperti di Show Champion hingga Music Bank. Dan dilanjutkan dengan DVD yang dikeluarkan Big Hit Entertainment seperti BTS NOW, SEASON GREETING hingga SUMMER PACKAGE dan nggak ketinggalan tentu saja konsernya, ya walaupun hanya bisa nonton di DVD yang dikeluarkan Big Hit atau di YouTube. 

Jadi, gimana sudah siap jadi certified ARMY? Keep calm and love BTS and don't do FANWAR okay!

Foto: Big Hit Entertainment / Instagram Bangtan Boys / YouTube

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition