Ingin Diet? Cara Mudah dan Aman Ini Berhasil Turunkan 16 Kilogram (Part 1)

Ingin Diet? Cara Mudah dan Aman Ini Berhasil Turunkan 16 Kilogram (Part 1)

sora sarah
Thursday, 26 May 2016, 18:16:01 10976 1

Hi, Teens!

Kenalkan, nama saya Sorasarah. Saya memang cukup senang menulis dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengenai diet dan gaya hidup sehat.

Saya cukup aktif di media sosial, salah satunya Ask.fm dimana saya sering menjawab berbagai pertanyaan mengenai fashion, diet, make up dan kegemaran saya pada K-Pop.

Diet menjadi salah satu topik yang selalu menarik untuk dibahas di akun sosial media saya. Namun, karena keterbatasan karakter, saya jadi merasa kurang banyak yang bisa saya bagikan.

Nah, karena itulah kali ini saya akan membahasnya secara lebih tuntas lewat platform teen.co.id. Semoga bisa membantu!

Hmm... diet, kadang mendengarnya saja sudah malas atau putus asa sebelum mencoba. Padahal, kalau tidak dicoba bagaimana bisa tahu, kan?

Kenapa sih harus diet?

Bagi saya, alasan pertama tentu adalah untuk kesehatan. Berat badan yang ideal tentunya akan mengurangi berbagai resiko penyakit seperti jantung, diabetes dan sebagainya. Kedua, saya merasa lebih percaya diri dan senang bila melihat bentuk badan saya sesuai dengan yang saya inginkan.

Bila kalian ingin melakukan diet, lakukanlah untuk diri sendiri dan bukan untuk orang lain.

Saya dulu gemuk. Berat tertinggi yang pernah saya timbang adalah 63 kilogram dan saya yakin saya pernah lebih gemuk lagi. Karena dulu saya sangat alergi dengan timbangan dan kamera.

Karena memiliki sejarah penyakit jantung, ginjal dan kanker dalam keluarga, mama saya pun meminta saya untuk hidup lebih sehat dan makan lebih teratur.

Perlu diingat tiap orang memiliki sistem metabolisme tubuh yang berbeda, jadi diet saya mungkin memberi hasil yang berbeda untuk kalian. Walau begitu, banyak kok, teman-teman yang sudah mencoba dan memberikan feedback yang baik.

Ini dia perjalanan diet saya.

Diet pertama, menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan.

Saya memulai diet kira-kira di akhir tahun 2009. Waktu itu motivasi saya adalah menonton konser Super Show 2 di Malaysia. Saya ingin lebih fit dan terlihat lebih presentable.

Saya lupa butuh waktu berapa lama, namun saya berhasil menurunkan berat badan saya hingga 47 kilogram. Wow, saya sendiri kaget. Tapi jujur saja, niat saya untuk menurunkn berat badan memang sangat besar.

Saat itu yang saya lakukan adalah:

Mengurangi asupan makanan

Waktu memulai diet pertama saya ini, saya tidak memiliki pantangan makanan apapun. Semua boleh saya makan tapi dengan porsi secukupnya. Biasanya saya mengisi 1/4 piring saya dengan nasi, 1/4 dengan lauk pauk, 2/4 sisanya sayur, dan sarapan itu wajib hukumnya.

Ngemil tidak masalah, asalkan jangan lebay. Nggak salah kok ingin makan dessert-dessert lucu atau kue-kue manis. Biasanya saya membatasi cemilan saya seperti 1 potong cake atau 2 buah donat. Sisanya, saya memilih cemilan sehat seperti biskuit sayuran, yoghurt, susu, buah dan makanan sehat lainnya. Susu dan yoghurt yang saya konsumsi pun tidak selalu yang low fat.

Tapi kalau bisa yang low fat atau less sugar tentu jauh lebih baik. Saya juga membatasi untuk tidak makan diatas jam 8. lebih baik makan malam jam 6 daripada kelaparan jam 9 malam. Makanan berlemak dan gula pun dikurangi

Konsumsi buah

Mengonsumsi buah itu tidak hanya menyehatkan tapi juga mengenyangkan. Nah, buah bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk mengganti camilan tidak sehat. Pilih jenis buah yang memiliki banyak serat dan kandungan air tinggi, misalnya semangka, pepaya, apel, pir dan sebagainya. Saya bisa lho mengonsumsi semangkuk buah potong sambil menonton televisi atau membaca buku.

Ketika mulut rasanya gatal ingin mengunyah, yang pertama saya lakukan adalah mengonsumsi buah. Kalau setelah itu terasa belum puas, baru saya beralih ke yogurt atau biskuit sayuran. Buah juga bisa kalian jadikan jus, tapi kalau bisa jangan tambahkan gula ya.

Banyak minum air putih

Kedengarannya klise, tapi banyak minum air putih adalah salah satu rahasia saya menurunkan berat badan. Saya minum air sehari kira-kira sebanyak 3 liter. Minum air dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membantu pembakaran kalori saat berolahraga. Saya biasanya menyiapkan botol minuman dengan kapasitas 800ml dan terus saya isi ulang hingga mencapai sekitar 3 liter.

Tidak suka minum air putih? Coba kreasikan dengan infused water, yaitu menambahkan potongan buah ke dalam air minum kalian. Bukan hanya sehat, ada pula tambahan manfaat tiap buah yang dicampurkan. Saya biasa minum air sebelum makan, banyak minum saat berolahraga, atau kapan saja saya ingin. Tidak perlu menunggu haus!

Bergerak!

Olahraga yang dianjurkan adalah minimal 90 menit per minggu. Silahkan deh diatur bagaimana enaknya kalian. Saya sih biasanya membaginya jadi 3 kali berolahraga dengan masing-masing 30 menit. Atau saya pernah juga berolahraga 15 menit per hari dengan menari mengikuti dance tutorial kpop yang saya peroleh dari YouTube. Olahraga lainnya, saya banyak melakukan jogging dan bermain basket.

Tapi kalau kalian tipe orang yang malas keluar rumah, kalian bisa memulai dengan jump rope atau loncat-loncat saja di rumah hingga berkeringat. Naik turun tangga juga bisa, tapi jangan lupa pemanasan. Lari-lari kecil di sekitar rumah, sit up, push up, jalan jongkok, semuanya mudah untuk dilakukan di rumah.

Jangan malas! Apalagi bila sedang libur, banyaklah bergerak dan jangan cuma berdiam diri di rumah.

Nah, ini adalah diet termudah yang saya pernah coba dan bisa turun hingga 16 kilogram.

Kunci utamanya adalah sabar, niat dan jangan mudah menyerah.

Btw, ini adalah foto before & after saat saya gendut dan sudah mulai turun berat badannya. Tidak pas sebelum dan sesudah sih, karena dulu saya tidak terlalu senang difoto. Tapi kira-kira seperti ini.

P.S. Stay tuned! Karena saya akan membagikan cara-cara diet saya yang lainnya. Sampai ketemu di part 2!

Have a nice day! xx

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-