Makan Buahnya Langsung atau Dibikin Jus, yang Mana Lebih Baik?

tiara susma
Friday, 18 November 2016, 19:52:19 179 0 0

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kemudian diolah menjadi jus atau smoothie memang sudah menjadi hal yang biasa. Kebanyakan orang mengonsumsi jus dan smoothie untuk kesehatan tubuh mereka.

Ada juga sebagian dari mereka yang menjadikan jus dan smoothie sebagai 'alat' untuk diet. Namun, beberapa orang lebih memilih mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara langsung agar kandungan atau khasiat dari buah-buahan dan sayuran tersebut tidak berkurang. Well, kira-kira mana yang lebih baik untuk tubuh kita?

Menurut Stella Bela, dokter gizi RS Mitra Keluarga, mengonsumsi buah-buahan secara langsung maupun dibuat jus dan smoothie lebih merujuk kepada kepraktisannya. Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan berkurangnya kandungan maupun khasiat buah-buahan.

Dia juga menambahkan bahwa sehatnya serat yang terkandung dalam buah tersebut adalah yang paling penting. Aktivitas serba sibuk zaman sekarang juga membuat banyak orang mengabaikan serat yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Itulah yang membuat masyarakat Indonesia kekurangan konsumsi serat.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa perbedaan yang paling jelas dari mengonsumsi buah-buahan langsung dan meminum jus adalah tingkat kepraktisannya. Namun, ternyata mengonsumsi buah-buahan secara langsung juga akan bermanfaat untuk kesehatan psikologis kita.

Seseorang yang sering memakan buah-buahan secara langsung dengan gerakan seperti mengecap, menggigit dan mengunyah akan berpengaruh ke indera pengecap mereka. Hal itu kemudian akan berpengaruh ke kemampuan berbicara mereka.

Komentar
-TERPOPULER-
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition